PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE RAGAM LINGKUNGAN PADA SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran website “Ragam Lingkungan” menyajikan materi mata pelajaran IPS bertema keberagaman lingkungan sekitar. Website ini berisikan menu utama dan menu materi, petunjuk penggunaan, informasi website, kompetensi, materi, video pembelajaran, power point, kuis, forum diskusi, permainan puzzle, dan profil pengembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPS “Ragam Lingkungan” berbasis website di kelas 7 SMP Islam Malang. Desain penelitian pada riset ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan memakai model penelitian ADDIE milik Branch. Subjek riset ini diantaranya 30 siswa kelas 7 SMP Islam Malang guna mengetahui respon dari penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan kuesioner yang telah dibagikan, hasilnya memperlihatkan bahwa media pembelajaran “Ragam Lingkungan” yang berbentuk website sangat layak digunakan oleh siswa dalam belajar. Adanya website ini menimbulkan respon antusiasnya siswa dikarenakan mampu menarik minat siswa dalam melakukan berbagai aktivitas yang tersedia dalam website. Kehadiran website “Ragam Lingkungan” membantu siswa untuk terampil menunjukkan keaktifannya di kelas melalui langkah-langkah terarah yang sudah tertera dalam petunjuk penggunaan website. Anjuran tindak lanjut pada riset ini yaitu pengembangan media serupa dengan materi belajar yang lebih luas cakupannya pada mata pelajaran IPS kelas 7.
Article Details
References
Abdari, V. A., Hadjaratie, L., Dwinanto, A., Pakaya, N., Pakaya, J. A., & Bau, R. T. R. L. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Menggunakan Goggle Sites Pada Materi Sistem Komputer di SMA Negeri 1 Tapa. Inverted: Journal of Information Technology Education, 5(1), 46–54. https://doi.org/10.37905/inverted.v5i1.27348
Afifah, A. N., Ade Syifani Nurmaidah, Fajriani, F., Muhammad Azhar, & Hajam, H. (2024). Internalisasi Kesadaran Gender dalam Pendidikan Agama Islam: Pendekatan Holistik untuk Pengembangan Karakter. Indonesian Journal of Action Research, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.14421/ijar.2024.31-02
Aisyah, A., Setiawan, A., & Rozak, R. (2025). Development of Information Technology Application in Education in Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial, 23(1). 108–26 https://doi.org/10.63309/dialektika.v23i1.431
Ali, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Substansi Genetika Melalui Model E-Learning Dengan Media Modul dan Lks Bergambar Pada Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 Batanghari. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 133–149. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1205
Anam, M. S., & Sukmana, H. (2024). Implementation of the Plavon Program in Population Administration Services. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 15(3). https://doi.org/10.21070/ijccd.v16i1.1141
Asyifah, S. R., & Faristiana, A. R. (2024). Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Mata Pencaharian Masyarakat. Jurnal Sosiologi Pertanian dan Agribisnis, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.55542/juspa.v6i1.643
Azizah, N. A., & Widyartono, D. (2024). Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik: Temuan dari Siswa Kelas VII. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), 1117–1123. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1117-1123
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. US:Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Chotimah, H., Septia Purnamasari, R., Shofiyyul Mubarok, A., & Za’faron. (2024). Implementasi Penggunaan Media Qr Code untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Maharah Istima’ Kelas X L Man 1 Lamongan. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 87–102. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i2.11163
Dhewi, A. S., & Fujiastuti, A. (2025). Pengembangan Media Canva Berbasis TikTok dalam Pembelajaran Teks Prosedur untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 5(1), 11. https://doi.org/10.17977/um065.v5.i1.2025.11
Disemadi, H. S., & Auralita, L. (2024). Menjamin Integritas Akademik: Perlindungan Hak Cipta terhadap Karya Tulis Mahasiswa dalam Kasus Plagiasi Antarbahasa. Jurnal Yustisiabel, 8(1), 14. https://doi.org/10.32529/yustisiabel.v8i1.2526
Febrianti, E., Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif “SCRIBER” untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 275. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3005
Febrianti, E., Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2022). Pengembangan Aplikasi ARTS (Articulate Storyline) Materi Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia untuk Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 210. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43111
Gamal, A. (2022). Developing Multimedia Technology For Efl Classrooms In Indonesia Using Addie Model: A Literature Review. ELTR Journal, 7(1), 14–22. https://doi.org/10.37147/eltr.v7i1.162
Ginting, E., Nugrahadi, E., & Siregar, Z. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Google Sites di Moderasi Literasi Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Swasta ST Ignasius Medan T.P 2023/2024. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3), 79–91. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i3.3378
Gusteti, & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika dan Statistika, 3(3), 637. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Handayani, N. F., & Hasanah, F. N. (2025). Exploring Virtual Reality Storyboard Design for Hardware Material Class. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.21070/jicte.v9i1.1671
Hanifah, D. S. A., & Hamid, A. (2021). Web Based Portfolio sebagai Asesmen Alternatif pada Masa Pembelajaran Daring. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2176–2184. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.897
Harto, M., & Madihah, H. (2025). Manajemen Kepemimpinan Kepala Seolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 7(1), 77. https://doi.org/10.31602/jt.v7i1.18484
Hasanah, S., Yulia, C., Natalia, N., & Masril, M. (2024). Pengembangan Modul Konseling Cognitive Readiness Siswa SMK. Research and Development Journal of Education, 10(2), 790. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24750
Hidayati, N., & Choiriyah, S. (2024). Penerapan Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Madrasah Aliyah. Journal for Islamic Studies, 7(3), 139–152. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i3.1287
Hikam, C., & Setiawan, A. (2024). Wordwall Website: Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam merespon Era Digital. Journal on Education, 6(3). https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5679
Hikmah, N., Sarjana, K., Wahyu Triutami, T., & Lu’luilmaknun, U. (2023). Pelatihan pembuatan Perangkat Pembelajaran berbasis TPACK bagi Guru Madrasah Al Aziziyah Gunungsari. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 239–246. https://doi.org/10.29303/rengganis.v3i2.368
Hutarabat, J. O. G. S., & Anistyasari, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(2), 172–180. https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i2.62413
Karlina, N., & Novrita, S. Z. (2024). Validitas Modul Dasar Fashion Design Konsep Kolase pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Keahlian Busana Kelas X Tata Busana SMKN 2 Bukittingi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(3), 2583. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i3.5016
Karyati, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Website Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1666–1673. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1665-1674.2023
Lusmianingtyas, I. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3(3), 520–525. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.322
Mertina, Fahruddin, & Astini, B. N. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Kelompok B di Paud Semai Harapan Bangsa Tahun 2024. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.29303/jmp.v4i3.7907
Mulyasa, H. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Munaya, A., & Mukhlisah, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Mahȃrah Al-Kitȃbah Melalui Permainan Bahasa Untuk Kelas IV MI. Fathir: Jurnal Studi Islam, 2(1), 126–142. https://doi.org/10.71153/fathir.v2i1.229
Nirmala, P. O., & Ratnawati, N. (2024). Development of social studies evaluation media based on minimum competency assessment “MELUAS” questions for students at SMPN 1 Besuki. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 11(1), 80–93. https://doi.org/10.21831/jitp.v11i1.64981
Nugroho, D., Khaerunisa, N., Firdaussi, N., & Zulfa, A. (2025). Implementasi Teknologi Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Anak usia Dini. Kumaracitta : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 117–143. https://doi.org/10.63577/kum.v2i2.95
Nurani, A., Dwi, Y., & Yanto, A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4(4), 76–83.
Pasha, M. A., Lestari, D., & Widodo, B. A. (2025). Pengembangan Game Edukatif Labirin Berbasis Web sebagai Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Materi Sistem Komputer. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5752–5760. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8068
Prayoga, R., & Sunaryo, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Dalam Materi Menggambar Ilustrasi Tradisional. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v4i1.3440
Prihartini, J., Laila, E., & Jumeilah, F. S. (2025). Penerapan Model ADDIE Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada MI Najahiyah Palembang. Jurnal Teknologi Informasi Multimedia Digital, 2(1). https://doi.org/10.5281/ZENODO.15048770
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta:Penebar Media Pustaka.
Putri, M. A., Malyan, A. B. J., & Darlies, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Teknologi Informatika Multimedia Digital, 2(1). https://doi.org/10.5281/ZENODO.15048817
Putri, & Pratiwi, V. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif DIGITAX (Digital Tax Administration Media) Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(2), 94–105. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n2.p94-105
Putro, S. D. R. E., Adi, K. R., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran IPS “MAPS” dengan Game Web Browser Based Learning untuk siswa SMP. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(1), 25–42. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i1.12266
Rafsanjani, A., Amelia, A., Maulidayani, M., Anggraini, A., & Tanjung, L. A. (2023). Pendekatan Sistem dalam Meningkatkan Pendidikan untuk Membangun Mutu Kualitas Pendidikan di SMP Swasta Pahlawan Nasional. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 168–181. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2498
Ramadhina, D., & Rohman, I. (2022). Problematika Guru dalam Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 117–123. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45598
Ratnawati, N., Wahyuningtyas, N., Mutjaba Habibi, M., Bashofi, F., & Nizam Shaharom, M. S. (2022). Development of Augmented Reality Practicum Modules to Grow Independent Learning in Cultural Anthropology Courses. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(22), 59–74. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.36161
Ryantina, D., Pasaribu, & Widiyanti, E. (2025). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid TK Go Ceria Cipayung. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi, 6(2), 923–931. https://doi.org/10.63447/jimik.v6i2.1351
Safitri, I., Noviyanti, S., Chan, F., Nurluthvia, K. M., & Simatupang, A. P. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPS Muatan IPAS di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(1), 77–81. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i1.331
Sari. (2021). Peran Pembelajaran Sains untuk Membentuk Karakter pada Anak Usia Dini. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(1), 33–36. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i1.21
Sari, N. K., Gutama, A., & Nita, C. I. R. (2025). Pengembangan Video Gerak dan Lagu Anti Bullying Untuk Siswa Sekolah Dasar. MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(01), 1–11. https://doi.org/10.32664/mavis.v7i01.1479
Shinta, D., Suhardi, S., & Kasma, S. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Dinamika Litosfer Berbasis Android Menggunakan Construct 2 pada SMA Negeri 5 Palopo. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 11–22. https://doi.org/10.54065/jld.5.1.2025.570
Sihombing, Y., Haloho, B., & Napitu, U. (2022). Problematika Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2).
Silaen, I. (2025). Perancangan Aplikasi Edukasi Pembelajaran Tata Surya Pada Sekolah Dasar Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Ilmu Komputer, Teknologi Dan Informasi, 3(1), 39–45. https://doi.org/10.62866/jurikti.v3i1.196
Sukri, C. M., & Rahman, M. (2022). Permainan Berkomputer Mata Pelajaran Matematik dalam Tajuk Operasi Asas. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 4(2), 55–66. https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0402.378
Wahidin, W. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Al-Rabwah, 18(01), 13–26. https://doi.org/10.55799/jalr.v18i01.315
Walenta, R. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning dalam Pembelajaran Ips di Sekolah Dasar. Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(1).
Waryana, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 259–267. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.712
Wibowo, S. R., Sugiarto, Y. A., & Arif, A. (2025). Optimalisasi Flipbook sebagai Media Inovatif dalam Pengembangan Bahan Ajar Elemen Akuntansi Lembaga Fase F Kelas XI. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 24–31. https://doi.org/10.54371/ainj.v6i1.739
Yudihartanti, Y., Pahdi, A., Taufiq, T., & Rosmawanti, N. (2023). Rancangan Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen Dan Karyawan STMIK Banjarbaru. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 12(2), 647. https://doi.org/10.35889/jutisi.v12i2.1446