PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE EARTH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA

Main Article Content

A.S. Khoirunnisa
R.F. Akbar
A. Wahayuningtiyas
M.J. Prasetiyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Google Earth terhadap peningkatan kemampuan berpikir spasial peserta didik pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Bae Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bae Kudus tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel kelas XI F6 sebagai kelas eksperimen (menggunakan Google Earth) dan XI F10 sebagai kelas kontrol (metode ceramah). Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda berdasarkan indikator berpikir spasial Huynh & Sharpe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 62,80 dan kelas kontrol 62,05. Setelah perlakuan, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 82,02, sedangkan kelas kontrol menjadi 70,94. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 ≤ 0,05, yang berarti terdapat peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa yang signifikan setelah menggunakan media Google Earth. Indikator analisis (22%) dan komprehensif (20%) menunjukkan penguasaan tertinggi, sementara indikator skala (10%) terendah. Penelitian ini mengindikasikan bahwa Google Earth efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa dalam pembelajaran Geografi.

Article Details

Section
Articles

References

Akhyar, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran EarthComm berbantuan citra Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik pada mata pelajaran Geografi kelas XII IPS MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang. Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Aliman, M., Mutia, T., Halek, D. H., Hasanah, R., Muhammad, H. H. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Spasial Bagi Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i1.1823

Ani, C. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia. https://idr.uin-antasari.ac.id/16140

Elisa, M. C. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Menggunakan Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial pada Materi Mitigasi Bencana Kelas XI MA Al Hidayah Wajak. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(3), 5–5. https://doi.org/10.17977/um067v4i32024p5

Faudah, C. M., Alwin, & Savitri, A. J. (2023). Pemanfaatan Media Interaktif Google Earth Untuk Meningkatkan Pemahaman Spasial Siswa. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 118–122. https://conferenceproceedings.ump.ac.id/pssh/article/view/892

Hakim. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth terhadap Keterampilan Berpikir Geografi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan2, 4(8). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i8.2024.21

Kurniawan, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media E-Atlas Dan Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Pada Materi Perairan Laut Di Sma Negeri 7 Bandung. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. https://repository.upi.edu/126090/

Medani, Z. P., Suharto, Y., Taryana, D., & S. (2022). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Google My Maps Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMAN 1 Singosari.”. Junal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(6), 534–547. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um063v2i62022p534-547

Montello, D. R. (2005). Cognitive map-design research in the twentieth century: Theoretical and empirical approaches. Cartographica: The International Journal for Geographic Information and Geovisualization, 40(4), 1–15. https://doi.org/10.1559/152304002782008503?urlappend=%3Futm_source%3Dresearchgate

Nisa, A. F. (2015). Implementasi multiple intelligences dalam pendidikan dasar. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 181–196. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.9060

Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. Grossman Publishers.

Putri, N. A, Rayuna, H., & Hardi, O. S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 168–178. https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i2.59682

Rahayu, S., Murjainah, M., & Idris, M. (2019). The Effect of Google Earth Utilization on Students’ Spatial Thinking Ability. Geosfera Indonesia, 4(3), 291. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i3.13350

Sukron, M. A. & Turmudi, M. (2019). Penggunaan Media Peta Berbasis Google Earth Di MIN 2 Kota Kediri. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 171–184. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i2.896

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.