IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EARTHCOMM DALAM MATA PELAJARAN IPS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan IPS adalah seleksi dari disiplin ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis-psikologis yang bertujuan untuk membentuk siswa menjadi warga Negara Indonesia yang baik, mampu menyerap segala bahan pendidikan yang berasal dari kehidupan nyata dan masyarakat serta merefleksikannya. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Namun hingga saat ini dalam pelaksanaan pembelajaran IPS masih terdapat banyak kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS salah satunya yakni siswa masih belum dilibatkan secara aktif oleh guru. Guru cenderung menggunakan metode ceramah yang menuntut siswa untuk mendengarkan dan menghafal fenomena-fenomena sosial, ekonomi, geografi hingga sejarah tanpa mengembangkan kemampuan berpikir spasial siswa. Kemampuan berpikir spasial merupakan suatu kemampuan berpikir yang penting untuk dimiliki oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Realita yang terjadi di sekolah pada umumnya adalah rendahnya kesadaran siswa untuk memahami bukan menghapal mata pelajaran IPS khususnya dalam konteks keruangan sehingga kemampuan berpikir spasial siswa sulit dikembangkan. Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif yakni model pembelajaran Earthcomm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Earthcomm terhadap kemampuan berpikir spasial dalam mata pelajaran IPS. Kemampuan berpikir spasial menjadi hal yang sangat penting karena dalam pendidikan IPS memerlukan pemahaman tentang berbagai aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data secara deskriptif untuk mendeskripsikan peroleh pretest dan posttest baik pada kelas eksperimen ataupun kelas kontrol. Dari hasil analisis data diperoleh hasil pengujian hipotesis dengan uji T diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05. Kondisi tersebut menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Earthcomm berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial pada pembelajaran IPS siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Aliman, M., Budijanto, Sumarmi, Astina, I. K., Putri, R. E., & Arif, M. (2019). The effect of earthcomm learning model and spatial thinking ability on geography learning outcomes. Journal of Baltic Science Education, 18(3), 323–334. https://doi.org/10.33225/jbse/19.18.323
Aliman, M., Halek, D. H., Lukman, S., Marni, S., & Alnursa, D. S. (2022). Apakah Model Earthcomm Dan Gaya Belajar Dapat Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Sma? Jambura Geo Education Journal, 3(2), 114–125. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.16348
Arief Syaviar, Fitra, (2020), Ariani Wirahayu, Y., & Geografi, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm Berbantuan Citra Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial. Jurnal Swarnabhumi, 5(2), p-issn. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i2.4156
Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Education Action Research, 6(2), 242–251. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45526
Muhammad Akhyar. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm Berbantuan Citra Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir SPasial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi MA Ittihad Poncokusumo Malang. Energy for Sustainable Development: Demand, Supply, Conversion and Management, 1–14. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/17962
Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031
Prasetyo. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Raja Grafindo Persada.
S. Lestari, I.P. Sriartha, & I.B.M. Astawa. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Subak Sebagai Sumber Belajar Terhadap Literasi Ekologis Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 44–54. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.243
Somantri. (2001). Mengagas Pembaharuan Pendidikan IPS. PT Remaja Remaja Rosdakarya.
Suherdiyanto. (2014). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Earth Science Community (Earthcomm). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Earth Science Comunity (Earthcomm), 1(1), 111–123. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i1.196
Supanti. (2019a). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2017/2018. Historika, 22(1), 59–70.
Supanti. (2019b). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2017/2018. Historika, 22(1), 59–70. https://jurnal.uns.ac.id/historika/article/view/29184
Trianto T. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Teori Konstruktivis. Usaa Nasional. https://opac.ikippgriptk.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3573
Yeni Rusmiati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips Kelas Vii Smp Negeri 39 Seluma. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10118/1/YENI_IPS.pdf