PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 4 Nabire semester ganjil tahun pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 orang. Data langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dikumpulkan dengan observasi, data hasil menulis teks eksplanasi oleh siswa dikumpulkan dengan teknik tes, dan data respons siswa terhadap pembelajaran dikumpulkan dengan angket. Data langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan respons siswa terhadap pembelajaran dianalisis dengan teknik tdeskriptif kualitatif. Data hasil menulis teks eksplanasi oleh siswa dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil peneltian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi langkah-langkah pembelajaran yang ada di RPP dilaksanakan oleh peneliti secara sistematis dan siswa senang dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan video. Selanjutnya, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa mengalami peningkatan terlihat dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 71,72 naik menjadi 84,8 pada siklus II. Respons siswa terhadap pembelajaran berada pada kategori sangat baik, yakni 89% siswa mengganggap positif pada siklus I dan 85% siswa mengganggap positif pada siklus II. Berdasarkan hasil perbandingan di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi akan lebih baik jika menerapkan model pembelajaran dipadukan dengan media pembelajaran.
Article Details
References
Ali, M., & Pasaribu, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 39–43. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/2392
Andriani, Mestwaty, A. A., & Paudi, R. I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda Di Kelas IV SDN 1 ogowele. Jurnal Kreatif Online, 5(3).224-237. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/12229
Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama: Penelitian Tindakan Kelas. Basastra, 4(2), 161–174. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/9994
Ariningsih, N. E., Sumarwati, & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal BASASTRA, 1(1), 40-53. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2089
Asrika, M.D.N. P., Dibia, I. K., & Sudana, D. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Pergung. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). 82-94. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/675
Kharida, L. A., Rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2). 83-89. https://doi.org/10.15294/jpfi.v5i2.1015
Natalia, D. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12625
Oktarina, R. (2015). Eksplanasi Dengan Model Investigasi Kelompok Dan Media Audiovisual Pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 1 Ungaran. Jurnal Online Unnes, 1(1). 45-52.
Putri, M.I., Wilujeng, I., Setianingsih, W. (2012). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Stilistika, 3(2),1–5. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ipa/article/download/8818/8475
Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika, 3(1), 27–42. https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i1.1230
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.
Saadah, S., Widodo, M., & Suyanto, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran KTRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan SMP Padangratu. J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 5(2). 1-12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/13934/10083
Somodana, W., Sutresna, I. B., Si, M., Indriani, M. S., & Hum, M. (2015). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran menulis teks anekdot. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1). 93-102. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.4773
Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.
Ulfah, W. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Skrpisi. UNIMED.
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9. https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1025