PENERAPAN MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan penerapan merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Sukasada dan (b) mendeskripsikan kendala–kendala yang dialami dalam penerapan merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Sukasada. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara terkait dengan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia akan dianalisis terlebih dahulu. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis didapati bahwa (a) guru bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Sukasada telah melaksanakan pembelajaran berbasis proyek, materi esensial, dan pembelajaran berdiferensiasi serta (b) terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek, yakni (1) kurangnya alokasi waktu, (2) peserta didik enggan mengeksplorasi, dan (3) hanya sebagian peserta didik yang bekerja; kendala dalam materi esensial, yakni (1) tidak adanya pertanyaan mendasar terkait materi, (2) sukarnya pemberian fakta kepada peserta didik, (3) sering kali materi tidak berkaitan dengan materi sebelumnya, (4) penyampaian materi masih dengan metode monoton, dan (5) peserta didik belum siap mengikuti pembelajaran; kendala dalam pembelajaran berdiferensiasi, yakni (1) kesulitan dalam pemetaan kebutuhan peserta didik, (2) kesulitan dalam pengaksesan dunia digital, dan (3) belum mampu menciptakan modul ajar yang baik.
Rincian Artikel
Referensi
Ariyana, Ramdhani, I. S., & Sumiyani. (2020). Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual Universitas Muhammadiyah Tangerang.Jurnal Penellitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah dan Asing, 3(2), 356-370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249
Hasnawati (2021) Pola Penerapan merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik di SMAN 4 Wajo Kabupaten Wajo. Masters thesis, IAIN Parepare.
Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. PT Rajagrafindo Persada.
Paidi. (2008). Analisis Materi Esensial Sains SMPMTs: Sebuah Contoh Langkah Taktis Guru Sains Menuju Sukses UAN. Jurnal Llmiah Gunt “COPE”, 12(1), 1-15. http://dx.doi.org/10.21831/jig%20cope.v12i01.5487
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (Jp2m), 1(3), 161-164. https://Doi.Org/10.33474/Jp2m.V1i3.6588.
Widiyono, A., Irfana, S., & Astuti, Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
Yusriani, Y., Arsyad, M., & Arafah, K. (2020). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika Di SMA Negeri Kota Makassar, 2, 138–141. http://103.76.50.195/semnasfisika/article/view/14378
Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K. , Weryani, W., Prasetyawati, Y., & Zulkardi, Z. (2022). Studi Literatur: Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Selama Pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110–119. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1186