PENGUASAAN KALIMAT BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 3 TAHUN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi antar individu dalam lingkungan sosial. Sejak lahir manusia dibekali otak yang dapat mengembangkan pemerolehan bahasa. Pemerolehan bahasa merupakan proses mendapatkan bahasa dan mengembangkan bahasa dalam berbagai kalimat. Begitupula anak kecil, anak kecil memiliki kecenderungan dalam memproses pemerolehan bahasa. Hal ini dapat dilihat melalui Adinda Zakiya Ramadhina (AZ) anak dari bapak Taufik dan ibu Dita, usia 3 tahun tinggal di desa Tawangsari Rt.03 Rw.01 kecamatan Sepanjang Taman kabupaten Sidoarjo. AZ memiliki pemerolehan bahasa dalam berbagai macam kalimat, antara lain kalimat deklaratif, interogatif, imperatif dan interjektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan kalimat bahasa Indonesia pada anak usia 3 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah menganalisis dan menyimpulkan. Hasil pada penelitian ini adalah AZ dapat menguasai kalimat bahasa Indonesia yang terkait dengan kalimat deklaratif, interogatif, imperatif dan interjektif, penguasaan kalimat tersebut dapat terpengaruh dengan lingkungan, lingkungan yang baik maka akan membuat pemerolehan bahasa yang baik.
Rincian Artikel
Referensi
Ardalia, L. L., & Ardhianti, M. (2019). Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 3 Tahun Di KB Yaa Bunayya Surabaya. Buana Bastra, 6(1), 32-40. https://doi.org/10.36456/bastra.vol6.no1.a3597
Chaer, A. (2003). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Rineka Cipta.
Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia. Pendekatan Proses. PT Rineka Cipta.
Fitrianti. (2019). Pemerolehan Bahasa dan Anak Usia 2-3 Tahun pada Tataran Fonologi. http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/644
Hamdi, Muchlis and Ismaryati, S. (2014). Metodologi Penelitian Administrasi. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4613
Jubaedah, S., Setiawan, H., & Meliasanti, F. (2021). Analisis Kalimat Imperatif pada Pidato Nadiem Makarim Rekomendasi sebagai Bahan Ajar Teks Pidato Persuasif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3808–3815. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1246
Nursalam, N. (2018). Representasi Kalimat Pada Tuturan Anak Usia 3,6 Tahun. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(2), 175-182. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6210
Ratna, N. K. (2013). Teori, Metode dan Teknk Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.
Rosita. (2017). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Di Desa Mattirowalie Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Universitas Muhammadiyah Makassar, 1–42. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3978-Full_Text.pdf
Suriani, L. (2017). Kalimat Imperatif Guru Taman Kanak-Kanak Karya PKK Pacongkang Kabupaten Soppeng.Universitas Muhammadiyah Makassar.1-86 https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3853-Full_Text.pdf
Tarmini, W. (2009). Kata Tanya dalam Konstruksi Interogatif Bahasa Indonesia: Kajian Sintaktis dan Semantis. Sosiohumaniora, 11(1), 77–92. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v11i1.5580
Usman, H. (2015). Studi Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 4 Tahun (Kajian Sintaksis). Linguistik Terapan, 5(2), 16–27. https://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jlt/article/view/215
Widiatmoko, B., & Waslam, W. (2017). Interjeksi Dalam Bahasa Indonesia: Analisis Pragmatik. Pujangga, 3(1), 83-97. https://doi.org/10.47313/pujangga.v3i1.330
Yanita, S. R., & Sekarwati, S. H. (2018). Kontras Intonasi Kalimat Deklaratif Dan Interogatif Dalam Bahasa Bima. Sirok Bastra, 3(2), 105–194. https://doi.org/10.37671/sb.v3i2.63
Yumi, M., Atmazaki, A., & Gani, E. (2019). Performa Kalimat Anak pada Masa Konstruksi Sederhana: Studi Kasus terhadap Anak Usia 4 Tahun. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 191-198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.162