METODE SAS BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keterampilan membaca siswa kelas I SD Negeri Kalicacing 02 terdapat lebih dari setengah atau 75% siswa masih kurang lancar dalam membaca dan banyak kesalahan dalam pengucapan apa yang ada di tulisan dan suara yang dibunyikan, peserta didik juga kesulitan dalam mengeja, hal tersebut dikarenakan karena proses pembelajaran guru kurang variasi dalam penggunaan metode atau penggunaan media pembelajaran sebagai pendukung dalam proses mengajar. Dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan perlu adanya penggunaan metode dan media harus sesuai dengan karakteristik siswa, maka peneliti menggunakan metode SAS berbantuan media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 pada penelitian ini. Metode SAS dan media kartu kata secara khusus untuk membantu siswa dalam membaca. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan persentase ketuntasan siswa meningkat secara signifikan pada pra siklus 25%, mengalami kenaikan pada siklus 1 menjadi 50% dan pada siklus 2 menjadi 75%. Maka penggunaan metode SAS berbantuan media kartu kata dapat dikatakan berhasil meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Kalicacing 02.
Rincian Artikel
Referensi
Anwar, M. F. N., Wicaksono, A. A., & Pangambang, A. T. (2022). Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Musamus Journal of Primary Education, 5(1), 57–64. https://doi.org/10.35724/musjpe.v5i1.4367
Herawati, L. (2018). Penerapan Metode Integratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 51–63. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.164
Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899
Muhyidin, A., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2017). Evaluasi pembelajaran membaca permulaan di kelas awal sekolah dasar. 1(2), 139–146. https://doi.org/https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/115.
Nurjannah, D. (2018). Jurnal audi. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 3359(1), 63–72. https://doi.org/http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud UPAYA
Rahmawati. (2020). Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Luwu House Reading Community as a Social Innovation to Increase Reading Interest in Luwu Regency. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 158–168. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32593
Rumidjan, Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sd. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62–68. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p062
Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Sasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1083–1091. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7837
Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531/pdf
Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 127–131. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.2513