PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DI KALANGAN MAHASISWA

Isi Artikel Utama

I. Purnama
A. Malik
F. Testy
L. Elfitra
Suhardi
D. Irawan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa dikalangan mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia universitas maritim raja ali haji angkatan 2023. Objek penelitian ini adalah tuturan dari prinsip kesantunan berbahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu tuturan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2023 Univesitas Maritim Raja Ali Haji, Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri dengan dibantu oleh tabel pedoman analisis data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, sadap, simak libat cakap, simak, catat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ditemukan bentuk prinsip kesantunan berbahasa pada maksim kearifan, kedermawanan, pujian, kerendahan hati dan kesepakatan di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2023 Universitas Maritim Raja Ali Haji. Prinsip kesantunan berbahasa yang paling banyak ditemukan adalah maksim kerarifan dan maksim pujian. Hal ini karena banyak percakapan yang ungkapannya berbentuk sebuah pernyataan yang tidak hormat pada orang lain.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

THANK TO JESUS

Referensi

Dari, A. W., Chandra, D. E., & Sugiyati, M. S. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Pembelajaran Kelas Viii E Smpn 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3122

Diana, R. E., & Manaf, N. A. (2022). Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia pada Proses Pembelajaran di SMP. Jurnal Basicedu, 6(3), 4940–4952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2759

Leech, G. (2015). Prinsip-prinsip Pragmatik. Universitas Indonesia (UI-Press).

Maritim, U., Ali, R., & Biologi, M. P. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi universitas maritim raja ali haji fakultas keguruan dan ilmu pendidikan himpunan mahasiswa pendidikan biologi. 0771.

Nugroho, R., Wardiani, R., & Setiawan, H. (2021). Kesantunan Berbahasa Dalam Percakapan Antarmahasiswa Semester Delapan STKIP PGRI Ponorogo. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 37–43. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/85

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yanti, L. P. F., Suandi, I. N., & Sudiana, I. N. (2021). Analisis kesatuan berbahasa warganet dalam kolom komentar berita di media sosial facebook. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 139–150. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/download/405/291

Yusri. (2016). Ilmu Pragmatik dalam Perspektif Kesopanan Berbahasa. CV Budi Utama.

Zamzani, (2011). Pengembangan Alat Ukur Kesantunan Bahasa Indonesia Dalam Interaksi Sosial Bersemuka. Junal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(1), 35–60. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1171/980