ANALISIS PROGRAM BUDAYA LITERASI DALAM PENINGKATAN MINAT BACA SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu seberapa besar peran program budaya literasi pada minat membaca di SD. Program budaya literasi merupakan program untuk meningkatkan minat baca pada siswa seperti program klinik membaca dan sudut baca yang akan ditelti implikasinya dalam meningkatkan minat baca siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Siswa sebagai subjek penelitian akan dilteliti dengan cara observasi dan guru akan diwawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa, kepala sekolah dan guru kelas satu sampai 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya literasi dapat meningkatkan minat siswa untuk membaca melalui program klinik membaca dan sudut baca. Pelaksanaan program klinik membaca dan sudut baca menjadi semakin efektif apabila guru memberikan dorongan penuh terhadap siswa untuk mengikuti program klinik memabac dan sudut baca. Dukungan dari guru dan orang tua/wali murid untuk meningkatkan minat baca juga dapat menumbuhkan motivasi siswa untuk membaca. Dengan penelitian ini, diharapkan para pembaca akan terinspirasi untuk mengikuti langkah-langkah yang diambil oleh SD Negeri 2 Sutawinangun untuk meningkatkan minat membaca melalui budaya literasi.
Rincian Artikel
Referensi
Azmi, N. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MI Negeri Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Walisongo Institutional Respository 13. https://eprints.walisongo.ac.id/9789/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Kota Manggarai. Jurnal : Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19-25. https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i2.2178
Dewi, P. Y. A. (2019). Gerakan Membaca Di Awal Pelajaran Guna Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 77–85. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/PN/article/view/249
Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Logaritma Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.219
Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Surabaya : Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3959
Kesuma, D. T., Yuliantini, N., & Supriatna, I. (2022). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 71 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 54–60. https://doi.org/10.33369/juridikdas.5.1.%p
Kusuma, M. W., Larasati, W., Risma, F. V., Sari, N., & Agustin, U. V. S. (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Lampung : Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5180
Naila, R. (2022). Implementasi Program Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca, Kemampuan Berpikir Kritis dan Pembentukan Karakter Siswa Kelas 3 SDN Donoharjo ngaglik Sleman. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia, DSpace Repository 1–50. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40028
Prasrihamni, M., Zulela, Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Palembang : Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1922
Saadati, B. A., Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Santosa, E., Nugroho, P. J., Siram, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Equity In Education Journal, 1(1), 56–61. https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1553
Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya LIiterasi. Yogyakarta : UNIB Scholar Repository. 146–156. http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11120
Tri Wulandari, H. (2019). Pengaruh Gerakan Literasi SekoLah Terhadap Minat Baca dan keterampilanan Membaca siswa SMA N 1 Purworejo. Unnes Journal. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018
Wardani, G. A., & Astuti, S. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9450–9456. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4096