MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENERAPKAN 4 KATA AJAIB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Berdasarkan hasil wawancara guru dan observasi kelas VI SLBN Purwosari Kudus dapat disimpulkan bahwa dalam kemampuan memahami dan menerapkan materi 4 kata ajaib mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat permasalahan. Peserta didik belum terkonsep secara baik sehingga belum bisa menerapkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menerapkan 4 kata ajaib melalui model pembelajaran Problem Based Learning untuk anak tuna grahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode penetian tindakan kelas (PTK) dengan subjek terdiri dari siswa tunagrahita ringan berjumlah satu anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis data deskripstif yang berdasarkan analisis hasil tes evaluasi setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I sebagian siswa belum menguasai materi dan diperoleh hasil pretest anak sebesar 60% yang kemudian pada siklus II meningkat siswa aktif dalam bertanya jawab dan menyampaikan gagasannya sehingga berindikasi meningkat menjadi 80% pada sikus II. Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran PBL terjadi peningkatan pada pemahaman siswa tunagrahita ringan.
Rincian Artikel
Referensi
Apriliyanti, D. N. (2023). Gangguan Berbahasa Pada Anak Tunagrahita. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 470-476. https://doi.org/10.5281/zenodo.8130346
Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, & Khuluqo, I. El. (2023). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Tindakan Kelas. Jurnal Pengadian kepada Masyarakat. 3(1), 22–28. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.5180
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dimana berlangsung seumur hidup dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16–22.
Hutabarat, J., Siallagan, M. T., Sianipar, N., Kabeakan, N., & Widiastuty, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Dan Kelambanan Berpikir Pada Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita Kelas C ) Di Slb N. Siborongborong. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 200–213. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/download/81/79/184
Muhsinin, & Rahmaniar, R. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan dalam Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita di SDLB Negeri Barabai. Caring Nursing Journal, Vol. 5 No.(1), 19–23. https://journal.umbjm.ac.id/index.php/caring-nursing/article/view/700/435
Mulyana, A., Darusman Eka, S., Mardiana, F., & Sundari, L. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 3(1), 1. https://doi.org/10.32807/jkt.v3i1.92
Nursaadah, A., & Rodiyana, R. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Pada Abad 21. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(1), 92–100. https://doi.org/10.56916/bip.v2i1.429
Nurusyifa, E. E., Hartono, Purbaningrum, E., & Zuliati, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menunjukkan Uang Pada Peserta Didik Tunagrahita. JPSS : Jurnal Pendidikan Sang Surya, 9(1), 129–137. https://doi.org/10.56959/jpss.v9i1.101
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Putri, U. K., & Ardisal. (2019). Pola Asuh Orang Tua Penyandang Tunagrahita Dalam Kemandirian Anak Tunagrahita di Bungo Pasang Painan. Ranah Research : Journal Of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), 96–104. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/199
Rindengan, M. E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Bassed Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 12(4), 857–866. https://doi.org/10.58230/27454312.325
Sujatmika, S., Wijayanti, A., Septiani, D., & Andini, D. W. (2020). Penerapan PBL di kelas inklusi untuk memfasilitasi peserta didik beragam. Jurnal Pasopati, 2(4), 257–263. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/7721
Suratno, Kamid, & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.249
Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis data deskriptif. Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223–229. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i2.42
Thofa, A. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca PemahamanMelalui Model Problem Based Learning untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas V Slb Bungo Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 15686–15691. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8853
Udil, P. A. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas untuk publikasi pada jurnal iIlmiah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v2i1.257