Analisis ANALISIS IMPLIKATUR PERCAKAPAN TOKOH DALAM FILM RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Bahasa merupakan kebutuhan bagi manusia, bahasa juga sebagai alat untuk berfikir bagi manusia. Secara lisan dan tulisan, bahasa juga dapat digunakan untuk berkomunikasi. Studi tentang bahasa, khususnya penggunaan eksternal bahasa atau struktur bahasa dalam suatu konteks disebut dengan pragmatik. Pragmatik juga melihat bagaimana mitra tutur dapat menyimpulkan maksud penutur dari tuturan tersebut. Pada studi Pragmatik terdapat pembahasaan mengenai impikatur percakapan yang merupakan bagian yang lebih dalam dari pada tuturan. Penelitian Implikatur menarik untuk diteliti, dianggap penting untuk diteliti lebih dalam karena pada kehidupan sehari-hari tanpa disadari terkadang kita melalukan kegiatan percakapan yang mengandung implikatur dan sering menemukan adanya tidak sesuaian antara bentuk bahasa yang digunakan dengan apa yang dimaksudkan, jadi, pemahaman terhadap implikatur percakapan sangat diperlukan agar dapat saling memahami maksud dari pembicara dalam suatu percakapan. Peneliti memilih film Ranah 3 warna sebagai objek penelitian peneliti, karena di dalam film tersebut banyak menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dan dapat dijadikan sebagai motivasi atau semangat untuk kaum remaja mengapai cita-cita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan Implikatur Percakapan Tokoh dalam Film Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi. Dengan menggunakan implikatur percakapan. Metode penelitian ini merupakan deskriptif dengan menggunakan suatu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian ini memperoleh berbagai implikatur percakapan umum, implikatur percakapan khusus, dan implikatur percakapan berskala. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi mendeskripsikan percakapan yang digunakan pada tokoh Ranah 3 warna. Adapun percakapan yang digunakan yaitu Implikatur percakapan umum, Implikatur percakapan khusus, Implikatur percakapan berskala.
Rincian Artikel
Referensi
Ariani, I. A. P. N. W., Rasna, I. W., & Wisudariani, N. M. R. (2016). Implikatur Pada Iklan Layanan Masyarakat. https://doi.org/journal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/7867
Chaer, A. (2011). Tata bahasa praktis bahasa Indonesia. Rineka Cipta, Direv.ed. https://doi.org.ccn.loc.gov/87947349
Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Istiana, Madeten, S. S., & Seli, S. (2022). Implikatur Tuturan Para Tokoh Dalam Novel. 11(September), 1340–1347. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.57923.
Khilmiyyah, I. A. (2021). Implikatur Percakapan pada Tuturan Tokoh dalam Novel “Mengapa Aku Cantik” Karya Wahyu Sujani. 1–120. https://doi.org/repository.unissula.ac.id/24179/1/34101700006_fullpdf.pdf
Malik, A. (2016). Penelitian Deskriptif Untuk Bidang Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Sosial-Budaya.
Miles, & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI Press.
Nenabu, F. M. (2021). Analisis Implikatur Unsur Kebencian Yang Termuat Di Group Facebook Viktor Lerik Edisi Agustus 2021 Kajian Pragmatik. Fisheries Research, 140(1), 6. http://skripsi.undana.ac.id/index.php?p=show_detail&id=5086&keywords=
Nurkesi, E. (2017). Implikatur Yang Terungkap Dalam Buku Humor Nyentrik Ala Gus Dur (Implicatures Revealed in the Book of Eccentric Humors Ala Gus Dur). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 7(1), 124. https://doi.org/10.20527/jbsp.v7i1.3772
Putrayasa, I. B. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Syafruddin. (2022). Perspektif Pragmatik (S. S. Rimang & D. Maharani (eds.); Juni 2022). Tahta Media Group. https://doi.org/repository.ut.ac.id/10047/1/EBOOK BAHASA WIRANIAGA.pdf
Trianto, R. B. (2019). Implikatur Percakapan Pada Pelanggaran Maksim Prinsip Kerjasama Dalam Drama Nihonjin No Shiranai Nihonggo Episode 1-12 -.
Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.