PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA SEKOLAH TATAP MUKA TERBATAS

Isi Artikel Utama

M.A. Sistadewi

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskripsif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam penggunaan media youtube dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa sekolah tatap muka terbatas di SMA Negeri 2 Mendoyo, (2) mendeskripsikan keunggulan dan kelemahan penggunaan media youtube dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa sekolah tatap muka terbatas di SMA Negeri 2 Mendoyo. Data yang diperoleh dikumpulkan menggunakan  metode, yakni (1) metode observasi, dan (2) metode wawancara. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, langkah-langkah guru dalam penggunaan media youtube dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa sekolah tatap muka terbatas di SMA Negeri 2 Mendoyo. Langkah-langkah penggunaan media pembelajaran youtube dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 2 Mendoyo diterapkan dengan baik serta sudah mengacu pada RPP yang digunakan oleh guru dengan pendekatan kontruktivisme. Melalui 3 tahapan yaitu pendahuluan, inti dan penutup, penggunaan youtube semakin membuat siswa antusias dalam belajar. Terdapat keunggulan dan kelemahan penggunaan youtube dalam pembelajaran bahasa Indonesia ini, yakni 1) guru dapat lebih mudah membahas materi di kelas, 2) ketercapaian kopetensi dasar menjadi lebih maksimal walupun dalam jangka waktu yang lebih cepat dari sebelumnya, 3) guru menjadi lebih bersemangat mengajar dari biasanya, 1) Peserta didik merasa mempunyai bekal awal terkait materi, 2) peserta didik  mampu memenuhi ketercapaian kopetensi dasar materi, 3) peserta didik merasa nyaman dan bersemangat belajar. Adapun kelemahan dalam penggunaan youtube sebagai media pembelajaran ini dari pihak guru dan peserta didik, sama-sama terkendala masalah sinyal dan paket data. Namun hal tersebut tidak menjadi halangan atau hambatan yang begitu berarti karena dapat diatasi dengan solusi-solusi yang sangat membantu.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial/ Teori Konsep Dasar dan Implementasi.
Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran.
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id
Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238
Rasman. (2021). . PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1. https://jurnalp4i.com/index.php/edutech/article/view/442
Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074.
Sari, S. D. P. (2015). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran, November, 36–44.
Simamora, L. (2003). Cakrawala Pendidikan E-Learning: Konsep dan Perkembangan Teknologi yang Mendukung. Rhineka Cipta.
Widodo, A & Nurhayati, L. (n.d.). Tahapan pembelajaran yang konstruktivis: Bagaimanakah pembelajaran sains di sekolah?. Paper disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan IPA, Bandung.
Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356