PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CANVA FOR EDUCATION
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran cerpen dengan model discovery learning dan media canva for education di kelas IX A1 SMP Negeri 4 Singaraja, (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran cerpen dengan metode discovery learning dan media canva for education di kelas IX A1 SMP Negeri 4 Singaraja, dan (3) mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam pembelajaran cerpen di kelas IX A1 SMP Negeri 4 Singaraja. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksaan pembelajaran cerpen di kelas IX A1 SMP Negeri 4 Singaraja dengan menggunakan model discovery learning dan media canva for education sudah berjalan dengan lancar. Hasil peembelajaran cerpen di kelas IX A1 SMP Negeri 4 Singaraja dengan menggunakan model discovery learning dan media canva for education keseluruhan peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM. Terdapat beberapa kendala yang dialami oleh guru bahasa Indonesia dalam merancang pelaksanaan pembelajaran yang berhubungan dengan covid-19. Kendala juga dialami saat proses pembelajaran. Namun, pada tahap penilaian guru tidak mengalami kendala.
Rincian Artikel
Referensi
Baihaqi, F. R., Pratiwi, M. A., Narinda, Gunawan, N. G., & Yayu. (2019). Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen. Proceedings, 1(2), 141–146. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7226/4454
Barus, I. W. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas Ix.13 Smp Negeri 2 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 142. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12322
Hartati, S. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Inspiratif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Discovery Learning pada Siswa Kelas IXB Semester 2 SMP Negeri 1 Teras. Jurnal Varidika, 33(1), 71–87. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.15233
Lestari, K., Sulissusiawan, A., & Wartiningsih, A. (2019). Penerapan Meodel Discovery Learning Dengan Meida Audiovisual Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pengembangan Menjadi Cerpen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8 (2), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/31239/75676580102
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354/5361
Prasetya, C. I., & Mulyaningtyas, R. (2021). Pengembangan Media Kelas Virtual Berbasis Blogspot Dalam Pembelajaran Membaca Cerpen Bagi Siswa Kelas Ix. MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 346–367. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2021.1.2.346-367
Purwahida, R. (2017). Interaksi Sosial Pada Kumpulan Cerpen Potongan Cerita Di Kartu Pos Karangan Agus Noor Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Di Sma. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 118–134. https://doi.org/10.21009/10.21009/aksis.010107
Rosana, R., Fitriani, Y., & Effendi, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Cerpen Melalui Model Discovery Learning pada Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan …, 6(2), 151–156. http://www.jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/987
Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Struktural Dan Nilai Moral Dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana . Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 101–114. https://doi.org/10.22460/xxxxxx
Sukardjo, M., Khasanah, U., Solehatin, E., & Sudrajat, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 03 (1), 15–20.
Sukriyadi, I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Wattpad Dalam Keterampilan Membaca Cerpen Pada Siswa Kelas Xi Smk Prima Unggul Tangerang Tahun Pelajaran 2019/2020. In Pembelajaran Wattpad Bahasa Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1 (5)(September), 713–720.
Yanti, N., Suhartono, & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2 (1), 72–82. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/5559/2732