PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Discovery Learning terhadap keterampilan menulis teks Cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti .Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Model eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti yang berjumlah 58 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks Cerita pendek sebelum menggunakan Model Discovery Learning dan skor keterampilan menulis teks Cerita pendek sesudah menggunakan Model Discovery Learning siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti .Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil uji-t terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti karena thitung>ttabel (7,18>1,67).
Rincian Artikel
Referensi
Aprima, R., Abdurahman, & Arief, E. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 215–221. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/9564-019883
Barus, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas XI.13 SMP Negeri 2 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 142–148. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12322
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. PT Raya Grafindo.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad21. Ghalia Indonesia.
Istiana, G. A., Saputro, A. N. C., & Sukardjo, J. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan KImia, 4(2), 65–73. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5709
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Yrama Widya.
Kusumaningsih, D. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. CV. Andi Offset.
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada University Press.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087
Sai, M. (2017). Pengaruh Model Group Investigation Berbasis Internet Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Digital Literasi Siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.9869
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sutardi. (2012). Penulisan Sastra Kreatif. Graha Ilmu.
Wisdiarman, & Zubaidah. (2013). Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Seni Rupa FBS UNP.