HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP

Isi Artikel Utama

R. Yulia
A. Rahmi
Samsiarni

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar seseorang untuk menyerap informasi yang memberikan dorongan sebuah imajinasi sehingga muncul ide yang tercipta dan menemukan gagasan dalam menulis khususnya teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Ketiga, mendeskripsikan hubungan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan korelasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes angket dan tes unjuk kerja. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Data penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan skor menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, motivasi belajar siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP diperoleh nilai rata-rata hitung 74,20 berada pada rentangan 66-75% pada skala 10, dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi   siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP diperoleh nilai rata-rata 76,53 berada pada rentangan nilai 75-85% dengan skala 10, dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Hal ini terlihat dari hasil pengujian yang membuktikan bahwa thitung > dari ttabel yaitu 2,33  1,71.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdurrahman, & Ratna, E. (2003). Bahan Ajar: Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. FBSS UNP.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi V. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Rineka Cipta.
Aristyawati, N. L. P. S., & Rasna, I. . (2021). Penggunaan Media Blogspot Pada Pembelajaran Menulis Teks Sinopsis. Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 246.
Budiningsih, A. C. (2005). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.
Dalman. (2015). keterampilan menulis. Rajawali Pers.
Ismawati, E. (2015). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Ombak.
Makmun, A, S. (2007). Psikologi Pendidikan. PT Rosda Karya.
Mulyadi, Y. dkk. (2016). Intisari Tata Bahasa Indonesia. Yrama Widya.
Nurjamal, D., Sumirat, W., & Darwis, R. (2013). Terampil Berbahasa. Alfabeta.
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. PT Bumi Aksara.
Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20(2), 151–157. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/872
Satini, R., Atmazaki, & Abdurahman. (2014). Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP N 24 Padang. Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 2(1), 29–37.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika (1st ed.). Tarsito.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian (Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Sutarya. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3507
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Utomo, U., & Ardiyarta, T. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Assessment) Kompetensi Ekspresi dan Kreasi Musik di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Harmonia, 13(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/harmonia.v13i1.2527
Walef, S. M. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Suliki Gunung Mas. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 13(5), 148–153. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v13i5.1366
Yasmini, N. K. A., Suandi, I. N., & Gunatama, G. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksemplum Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja. Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.12412
Yuliandri, M. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dalam Keterampilan Menulis Puisi Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 31–41. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/91
Yuningsih, L. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Whatsapp Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 237–244. https://doi.org/https://oi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.713