ANALISIS STRATEGI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS YANG DIAMPU OLEH GURU PENGGERAK BAHASA INDONESIA DI KOTA DENPASAR

Isi Artikel Utama

I.G.A. Pidrawan
I.W. Rasna
I.B. Putrayasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil analisis strategi, aktivitas, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis yang diampu oleh guru penggerak bahasa Indonesia di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deksriptif kualitatif dan rancangan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penggerak bahasa Indonesia di Kota Denpasar dan siswa pada kelas yang diampu oleh guru penggerak Bahasa Indonesia di Kota Denpasar. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti menentukan dua sampel guru penggerak bahasa Indonesia yang merupakan perwakilan dari masing-masing jenjang, yaitu jenjang SD dan SMP, serta siswa kelas VI dan VIII E pada kelas yang diampu oleh guru penggerak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Permasalahan yang dianalisis melalui rancangan deksriptif kualitatif, data dianalisis melalui 1) reduksi data, meliputi identifikasi, klasifikasi data, dan penafsiran data 2) penyajian data, dan 3) penarikan simpulan, sedangkan permasalahan yang dianalisis melalui deskriptif kuantitatif, data dianalisis melalui deksirptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data strategi, aktivitas, dan hasil belajar siswa, penelitian ini menggambarkan bahwa 1) strategi yang digunakan oleh guru penggerak dalam pembelajaran menulis adalah strategi berdiferensiasi, 2) aktivitas dilakukan guru melalui langkah-langkah pembelajaran yang efektif dengan mengedepankan karakteristik belajar siswa, dan 3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis yang diampu oleh guru penggerak di Kota Denpasar untuk jenjang SMP tergolong sangat baik, sedangkan pada jenjang SD tergolong baik. 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922.
Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, W., Id, W. C., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 4, 112–120.
Aulia, V. (2019). Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di Jenjang SD Sederajat untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 359–378. https://doi.org/10.28926/briliant
Bintari, L. G. R. P., Sudiana, N. N., & Putrayasa, I. B. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/1185
Dian, D. W. K., Rasna, I. W., & Artawan, I. G. (2014). Pembelajaran Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Amlapura Ditinjau dari Segi Strategi, Aktivitas, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 35(2). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/22057
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48
Mariska, Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2013). Efektivitas Pemberian Apersepsi dan Motivasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Gaya SMP Negeri 13 Purworejo. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(2), 160–165. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/441
Mulbar, U., Bernard, H., & Pesona, R. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Peserta Didik Kelas VIII. In Issues in Mathematics Education (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.35580/imed9244
Ofriani, A. L. (2015). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Menulis Dengan Media Gambar Seri Siswa Kelas III SD Negeri Mustokorejo Semester II Tahun Ajaran 2014 / 2015. Universitas Sanata Dharma.
Prasetya, S. P. (2014). Memfasilitasi Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Jurnal Geografi, 12(1), 1–12.
Putra, I. W. (2020). Penggunaan Strategi Think-Talk-Write (TTW) dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik di Kelas XI MIPA 1 Semester 1 SMA N 1 Kuta Utara Tahun Pelajaran 2019-2020. Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 11(1), 130–138. https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.11.2.892.130-138
Ramdiana, H. (2020). Apersepsi Pembelajaran Melalui Cerita-Cerita Lucu untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Profesionalisme Guru dengan Metode Pembelajaran Totur Sebaya di SMAN 21 Garut. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 18–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i12019p018
Rustam. (2015). Konstrak Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 263–277. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.190
Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., & Indonesia, U. K. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan. Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43.
Suryani, P., Wyn Wendra, I., & Ngh Suandi, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Undiksha, 2, 1–13.
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IX B Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Wardani, A. (2018). Pengaruh Pendekatan Proses terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Murid Kelas IV SD Inpres Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Universitas Muhamadyah Makasar.
Wibowo, C. H. (2015). Problematika Profesi Guru dan Solusinya bagi Kualitas Pendidikan. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Wirawati, N. K. D. D. (2014). Pembelajaran Menulis Deksripsi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Amlapura Ditinjau dari Strategi, Aktivitas, dan Hasil Belajar. Universitas Pendidikan Ganesha.