ANALISIS PRINSIP KOMPOSISI NASKAH PIDATO SISWA SMA NEGERI 4 DENPASAR SERANGKAIAN HUT ke-76 RI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip komposisi berupa (1) kesatuan; (2) koherensi, (3) penekanan naskah pidato seraingkaian HUT ke-76 RI siswa SMA Negeri 4 Denpasar. Adapun rancangan penelitian yang digunakan, yaitu rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini, yaitu naskah pidato serangkaian HUT ke-76 RI siswa SMA Negeri 4 Denpasar yang berjumlah 12 buah. Objek dalam penelitian ini, yaitu prinsip komposisi berupa kesatuan, koherensi, dan penekanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesatuan naskah pidato seraingkaian HUT ke-76 RI siswa SMA Negeri 4 Denpasar tergolong sangat tinggi, yaitu 97%, (2) koherensi naskah pidato seraingkaian HUT ke-76 RI siswa SMA Negeri 4 Denpasar tergolong sangat tinggi, yaitu 89%, (3) penekanan naskah pidato seraingkaian HUT ke-76 RI siswa SMA Negeri 4 Denpasar tergolong sangat rendah, yaitu 25%. Hal tersebut mengindikasikan bahwa siswa belum memahami fungsi prinsip penekanan yang berkaitan dengan kadar urgensi suatu tuturan. Lebih spesifiknya lagi, bahwa siswa belum mampu menekankan hal-hal yang penting dalam tulisannya. Hal ini tentu dapat menyebabkan kebingungan pembaca dalam memahami makna dan hal penting yang disampaikan oleh penulis.
Rincian Artikel
Referensi
Ayu, S., Nilayani, P., Merdhana, I. N., & Darmayanti, I. A. (2014). Implementasi Prinsip Retorika Dalam Naskah Pidato Siswa Kelas IX SMPN 7 Singaraja Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni. 1, 1–12.
Bambang Hidayat. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Melalui Media Berbasis Audio. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 69–84. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/view/1282/1117
Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (Samt) Untuk Meningakatan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 223. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4592
Hardianto, M., Widayati, W., & Sucipto, S. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa pada Naskah Pidato Presiden Soekarno. Fonema, 4(2), 88–101. https://doi.org/10.25139/fonema.v4i2.761
Jaka Santosa, Markhamah, dan Y. N. (2013). Pembelajaran Menulis Teks Pidato dan Berpidato Kelas X Di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Penelitian Humaniora, 16(1), 1–19. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27783
Lexy, M. (2003). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya.
Moidady, N. (2014). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing.” Jurnal Kreatif Tadulako, 2(2), 8. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2840
Prasetia, I. M. P. (2013). Penggunaan Piranti Kohesi Dalam Karangan Narasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Blahbatuh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(8). http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1216
Putriyani, P. (2019). Kemampuan Membaca Teks Pidato Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Palu Pinkan. 4(2). https://cupdf.com/document/jurnal-bahasa-dan-sastra-coreacuk
Rosdiana, L. A. (2017). Pembelajatan Menulis Teks Pidato Dengan Metode Latihan. Kependidikan, 18(1), 52–68.
Setyono, J. (2019). Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Pidato Persuasif Mengunakan Metode Kolaborasi di SMK Negeri 2 Sragen. Stilistika, 5(1), 47–52.
Sudarti, N., Mizkat, E., Pendidikan, P., Indonesia, S., & Keguruan, F. (2019). Hubungan Pemahaman Kosakata Dengan Kelas XI SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Ajaran 2018 / 2019. 176–182.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Susilowati. (2020). Teknik Retorika Dalam Naskah Pidato Nadiem Makarim Pada Hari Guru Nasional 2019. Trias Politika, 4(1), 1–14.
Wendra, I. W. (2014). Penulisan Karya Ilmiah (Buku Ajar). Undiksha.
Wiguna, M. Z. (2020). Analisis Penggunaan Diksi Dalam Naskah Pidato Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(1), 103. https://doi.org/10.31571/bahasa.v9i1.1645