HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa tentang materi teks anekdot, sehingga siswa kesulitan untuk menentukan struktur dan kebahsan yang ad dalam teks anekdot. Penyebabnya kurangnya minat siswa dalam membaca, serta kurangnya waktu yang dimiliki siswa untuk membaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan minat baca dengan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas X. data penelitian ini berupa skor tes angket minat baca dan skor menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, minat baca siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP memperoleh nilai rata-rata 65,36 dengan kualifikasi cukup (c). Kedua, kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP diperoleh nilai rata-rata 73,05 dengan kualifikasi lebih dari cukup (ldc). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara minat baca dengan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Dilihat dari hasil pengujian yang membuktikan bahwa thitung>ttabel yaitu 5,32 > 1,70.
Rincian Artikel
Referensi
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Dalman. (2013). keterampilan membaca. Rajawali Pers.
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. PT Rajagrafindo Persada.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Yrama Widya.
Mulyadi, Y., Andriyani, A., & Fajwah, A. M. (2016). Intisari Tata Bahasa Indonesia untuk SMP dan SMA. Yrama Widya.
Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan LIBRARIA, 2(1), 70–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v2i2.1248
Nurhadi, & Syamsiyah, N. (2016). Teknik Membaca. PT. Bumi Aksara.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Pustaka Setia.
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. PT Bumi Aksara.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.
Rosidi, I. (2009). Menulis Siapa Takut? Kanisius.
Septhin, K., Mulawarman, W. G., & Suhatmady, B. (2018). Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Samarinda. DIGLOSIA: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.12
Suandi, I. N., Sudiana, I. N., & Nurjaya, I. G. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Rajawali Pers.
Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2011). Membaca Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa. Angkasa Bandung.
Utami, R. D., Wibowo, D. C., & Susanti, Y. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.22
Wulandari, N. (2017). Hubungan Minat Baca Fiksi Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral Atau Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Sijunjung. STKIP PGRI Sumatera Barat.
Yuningsih, L. A. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Whatsapp Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 237–244. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.713