PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IPS

Main Article Content

A.A.I.P. Ari
I.W. Lasmawan
N.K. Suarni

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa buku digital dengan materi keberagaman budaya untuk meningkatkan pengetahuan IPS kelas V. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan rancangan model ADDIE. Instrumen yang dikembangkan dianalisis menggunakan rumus Gregory dengan teknik analisis data statistik deskriptif.Uji rancang produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran, uji coba yang terdiri dari uji kepraktisan dan uji efektivitas. Analisis data yang digunakan berupa data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tingkat validitas berdasarkan hasil uji oleh ahli media dan ahli materi sebesar 93,75%. Persentase rata-rata hasil uji kepraktisan sebesar 94,21% dengan kategori sangat praktis. Hasil hitung uji efektivitas yang telah dilakukan, diperoleh Thitung sebesar 6,493 > 2,030 yang merupakan nilai Ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Buku Digital berbasis Kontekstual pada hasil belajar IPS kelas V di SD Negeri 5 Gianyar. Sehingga penggunaan Buku Digital berbasis Kontekstual pada hasil belajar IPS kelas V materi keragaman budaya dinyatakan efektif.

Article Details

Section
Articles

References

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. PANDAWA, 2(3), 375–385. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i3.907
Aprilia, T., Sunardi, & Djono. (2017). Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pemanfaatan Medasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA Prosiding Seminar Pendidikan Naia Buku Digital berbsional. 195–206. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7157/2911
Darmawan, M., & Surya, M. (2017). Efektivitas pemanfaatan media buku digital dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 2(2), 296–313. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/120
Effiyanti, T., Pratiwi, D. E., & Dalimunthe, M. B. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi. Niagawan, 7(1), 44–49. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i1.9354
Elihami, H. H. E. (2020). DIMENSI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/504
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas Aud. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18–30. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975
Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562
Rodhiah, S. A., & Roza, L. (2020). Hasil Analisis Kebutuhan Pengembangan Ebook Berbasis Multipel Representasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2(1), 143–149. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/13416
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2750
Sanuaka, A. A., Ariawan, K. U., & Sutaya, W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (E-Book) Interaktif Multimedia Dalam Mata Pelajaran Teknik Animasi 3D Dan Teknik Animasi 2D Di Jurusan Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1). https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i1.20226
Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515
Yuliani, E., Syaban, M., & Anita, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dengan Menggunakan Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. EDUCARE (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 17(2), 103–108. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42375%0Ahttp://digilib.unimed.ac.id/42375/9/9. NIM 7141142030 CHAPTER I.pdf