PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI BUDAYA LOKAL SASAK ”BANJAR” TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BElAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi budaya lokal Sasak “Banjar” terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experiment (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian menggunakan randomized non equivalent pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa SD kelas IV di Gugus Mamben Daya Kecamatan Wanasaba dengan jumlah 120 orang. Sejumlah 44 siswa dijadikan sampel yang ditentukan dengan tekhnik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengisian angket dan pilihan ganda jawaban soal untuk mengukur tingkat motivasi dan hasil belajar IPAS siswa dengan metode pretest – posttest. Analisis data dilakukan dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan bantuan program SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian diperoleh: Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL yang berorientasi budaya lokal Sasak “Banjar” terhadap motivasi belajar IPAS pada siswa kelas IV SD di Gugus Mamben Daya Kecamatan Wanasaba dengan nilai F = 184,171, sig = 0,00 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL yang berorientasi budaya lokal Sasak “Banjar” terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD di Gugus Mamben Daya Kecamatan Wanasaba dengan nilai F = 24,936, sig = 0,00 < 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL yang berorientasi budaya lokal Sasak “Banjar” secara simultan terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD di Gugus Mamben Daya Kecamatan Wanasaba dengan nilai F = 93,070, sig = 0,00 < 0,05.
Article Details
References
Frankel, Jack, R. & Norman E. W. (1993). How to design and Evaluate Research in Education. 2nd edition. New York: McGraw hill Inc.
Kusuma, W. (2022). Apa Saja Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka?. https://blog.kejarcita.id
Lee, S.Y., & Kim, B.J. (2018). The Effect of Culture-Based Problem-Based Learning on Student Motivation and Achievement in Mathematics. Journal of Educational Pshychology, 110(3), 351-362. https://doi.org/10.1037/edu0000235.
Murdani, Hasan, M., Sukardi, & Handayani, N. (2022). “Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3), 1745–53. https://doi.org/10.29303/jipp. v7i3c.775.
Muspawi, M. (2020). Menata Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Literasiologi, 4(2),115-125. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i2.147
Muzakir & Suastra, I. W. (2024). Kearifan Lokal Suku Sasak Sebagai Sumber Nilai Pendidikan di Persekolahan: Sebuah kajian etnopedagogi. Jurnal. Universitas Qomarul Huda Badaruddin, 6(1), 84-95. http://dx.doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6067
Nurwahidah (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Lembaya Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Kependidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Pertiwi, K. A., Japa, I. G. N., & Suartama, I. K. (2017). Pengaruh model pembelajaran problembased learning bermuatan budaya lokal terhadap motivasi dan hasil belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(1), 11-20. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10905
Sahabudin, Suandi, & Marazaenal, A. (2022). Aktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Sasak (Tradisi Banjar) Sebagai Penguat Integritas Bangsa. Jurnal. Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi, 8(1), 141-148. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.464
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Cetakan
Suprapto (2013). Metodologi Ilmu Pendidikan dan Ilmu-ilmu Pengetahuan Sosial. Perpustakaan Universitas Sanata Dharma. Yoyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Suryati, T. “PenerapanModelProblem Based Learning Untuk Meningkatkan MotivasiI Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa.” Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1),147–153.
Torro, S., Kasim, N., & Awaru, A. O. T. (2021). Implementasi model problem-based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(2), 101-110. http://dx.doi.org/10.29210/020211137
Tunka, A.T., Israwaty, I., & Isman (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Kelas VI UPTD SD Inpres Salupangkang IV. Pinisi Jurnal PGSD, 2(1), 18-25. https://doi.org/10.70713/pjp.v2i1.30689
Widhiatma, Yudha (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Bejar Siswa Kelas 4 SDN Kalinanas 01. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakulta Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kresten Satya Wacana. Salatiga.
Widiana, I. W., & Margunayasa, I. G. (2020). Local wisdom-oriented problem-based learning model to improve students' critical thinking skills. Journal of Education Research and Evaluation, 4(3), 217-226.
Wulandari, B. & Surjono, D. H. (2013). Pengarul Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Yulianingsih, T. & Hasttuti, R. N. (2022). Daftar Negara dengan Pendidikan Terbaik Tahun 2022, Ini Posisi Indonesia. Liputan6.com. https://www.liputan6.com
Zakarina, U., Ramadya, D. A., Sudai, R & Pattipeillohi, A. (2024). Integrasi Mata Pelajaran IPA dan IPS Dalam Kurikulum Merdeka Dalam Upaya Penguatan Literasi Sains dan Sosial di Sekolah Dasar. Damhil Education Journal, 4(1), 50-56. http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i1.2487
Zubaidah, S., Azhari, M., & Rasyid, M. (2022). The effect of E-Problem Based Learning on students' interest, motivation, and achievement in entrepreneurship course. Journal of Educational Technology, 15(2), 112-120. https://eric.ed.gov/?id=EJ1355163