PENGEMBANGAN E-LKPD IPA BERBASIS CATUR ASRAMA KELAS V

Main Article Content

K. Tariani
I.W. Suastra
I.G. Astawan

Abstract

This study aims to develop a valid and readable E-LKPD IPA based on catur asrama for the fifth grade of elementary school in the first semester. This study uses the ADDIE development model, with the following stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. In this study, it was only limited to the development stage with considerations of urgency, time constraints, research budget, and the ability of researchers, especially because the first semester of science material had been studied while this research was carried out in the second semester. The subjects in this study were 9 students of class V SD Negeri 2 Lemukih. This research data collection uses a validation sheet for 3 lecturers and 3 educators and a readability sheet for 9 students. The instrument used in measuring the level of validity and readability of the E-LKPD is a validation and readability sheet containing a Likert scale 4. The data were analyzed descriptively to obtain the percentage of validity and the mean score of E-LKPD readability. The percentage of E-LKPD validity is 96% with a "very high validity" level of validity and an average E-LKPD readability score of 3.9 with a "very good" readability level. Based on the results of data analysis, the E-LKPD IPA based on catur asrama for the fifth grade of elementary school in the first semester which is valid and tested for readability is suitable for use as teaching materials in learning for teachers and students in elementary school.

Article Details

Section
Articles

References

Afriyanti, Ice. 2018. Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, Tahun 2018, hlm. 608-610. Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ (diakses pada tanggal 25 Juli 2021).
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja.
Alfin, Jauharoti. 2015. Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqah Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dharmawan, dkk. 2015. Pemanfaatan Aplikasi Google Docs sebagai Media Pembinaan Karya Ilmiah Remaja. Artikel. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya FMIPA UNUD pada Oktober 2015 di Badung, Bali. Tersedia pada http://docplayer.info/141288672 (diakses tanggal 2 Pebruari 2021).
Jakaria, Muh Harawan Dimas. 2019. Implementasi Google Docs sebagai Media Pembelajaran Kolaboratif: Studi Kasus pada Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran Matematika di IAIN Jember. Artikel. Tersedia pada http://lpm.iain-jember.ac.id (diakses tanggal 31 Januari 2021).
John, Santrock. 2007. Perkembangan Anak terjemahan Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.
Kemendiknas. 2010. Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan.
Kristianto, Yosep Dwi. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Investigatif dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Materi Pencerminan di Kelas VII. Tesis. Surabaya: UNS.
Kristyowati, Reny. 2019. Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 9, Nomor 2, Mei 2019, hlm. 183-191. Tersedia pada https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2 (diakses tanggal 24 Juli 2021).
Mulyani, Sri. 2020. Pengembangan LKPD Berorientasi Eksperimen dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 4, Nomor 1, Januari 2020, hlm. 89-102. Tersedia pada http://www.jbasic.org/index.php/basicedu (diakses tanggal 5 Mei 2021).
Narulita, Fania. 2019. Pengembangan LKPD Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 4 Kalibaru Manis Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Jember: Universitas Jember.
OECD. 2019. PISA 2018 Insights and Interpretations. OECD Publishing: Paris.
Rahayuni, Galuh. 2016. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Volume 2, Nomor 2, Desember 2016, hlm. 131-146. Tersedia pada http://dx.doi.org/10.30870/jppi (diakses pada tanggal 24 Juli 2021).
Rijal, Bait Syaiful. 2014. Pengembangan Modul Elektronik Perakitan dan Instalasi Komputer sebagai Sumber Belajar untuk Kelas X SMK Piri 1 Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: UNY.
Sari, Fiqi Nurmanda. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Teks Cerita Pendek Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2017, hlm. 83-98. Tersedia pada http://www.conference.unsri.ac.id/index.php/SNBI (diakses tanggal 14 Pebruari 2021).
Sari, Kartika Arum. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Volume 6, Nomor 8, Tahun 2017, hlm. 1-7. Tersedia pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs (diakses tanggal 14 Pebruari 2021).
Sari, Yosita Permata. 2019. Pengembangan LKPD Elektronik dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains pada Materi Gelombang Bunyi. Tesis. Lampung: UIN.
Shaleha, Ummi. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Literasi Sains pada Materi Pencemaran Lingkungan”. Jurnal EduChem, Volume 1, Nomor 1, 2020, hlm. 18-26. Tersedia pada https://jurnal.untan.ac.id/index.php/EduChem/article/ view/37480/pdf (diakses tanggal 14 Pebruari 2021).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukadi. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Catur Asrama pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Astina Singaraja. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya, Volume 1, Nomor 2, Tahun 2018, hlm. 93-100. Tersedia pada http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php (diakses tanggal 27 Januari 2021).
Sutrisna, Nana. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, Volume 1, Nomor 12, Mei 2021, hlm. 2683-2693. Tersedia pada https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.530 (diakses tanggal 24 Juli 2021).
Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Toharudin, Uus. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.