PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Tampaksiring. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus I Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, yang terdiri dari 174 orang siswa. Sebanyak 62 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu, data kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan tes esay dan data hasil belajar IPA diperoleh dengan tes obyektif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data diuji coba terlebih dahulu, kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova berbantuan program IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dengan f = 23,299 dan sig. = 0,000. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dengan f = 92,477 dan sig. = 0,000 Ketiga, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan sig. = 0,000 lebih kecil dari 0,050. Keempat, berdasarkan uji LSD dengan taraf signifikan 5% terdapat perbedaan signifikan yang lebih besar rata-rata kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, yaitu dengan perbedaan rata-rata sebesar 12,037 pada kemampuan berpikir kritis siswa dan 18,233 pada hasil belajar IPA siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Amini, J. N., Irwandi, D., & Bahrian, E. S. (2021). The Effectiveness Of Problem Based Learning Model Based On Ethnoscience On Student’s Critical Thinking Skills. Journal of Chemistry Education Research, 5(2), 77–87. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jcer.v5n2.p77-87
Anindyta, P., & Suwarjo. (2014). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Regulasi Diri Siswa Kelas V The Effect Of Applying Problem-Based Learning To Critical Thinking Skill And Self-Regulation Of 5 Th Graders. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 210–214. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2720/2270
Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Terjemahan Satrio Wahono, Strategie and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skill. PT Indeksegen.
Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Erlangga.
Inch, E. S. (2006). Critical Thinking and Communication: The Use of Reason in Argument 5th Edition. Pearson Education.
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
McGregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Open University Press.
OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. https://www.oecd.org/ pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf.
Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect of Problem Based Learning (PBL) Models on Motivation and Learning Outcomes in Learning Civic Education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 40–41. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565
Purnamasari, E., & Darmadji, A. (2019). Problem-Based Learning (PBL) Model Of Religious Islamic Education To Improve Students’ Critical Thinking And Learning Outcomes Of Sma Sains Al-Qur’an (Quranic Science High School) Wahid Hasyim Yogyakarta. Journal Universitas Islam Indonesia, 15(1), 17–20. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8380
Rilia, I., & Kurniasih, I. (2019). The Difference in Critical Thinking and Learning Outcome Using Problem Based Learning Asissted with Sasirangan Ethnoscience Student Worksheet. International Journal of Recent Technology and Engineering, 7(6), 709–716. http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/10165
Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT Indeks.
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Santyasa, I. W. (2014). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Fisika. Graha Ilmu.
Sapriya. (2011). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. PT Remaja.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenanda Media Grup.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. https://osf.io/pcjvx.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara.
Uliyandari, M., Candrawati, E., Herawati, A. A., & Latipah, N. (2021). Problem-Based Learning To Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science Education Undergraduate Students. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i1.56
Zunnatul, M. A., Afifah, Y. A., & Farida, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Materi Munakahat Pada Pembelajaran FIQIH. Journal Almarhala, 6(2), 172–174. https://doi.org/https://doi.org/10.38153/almarhalah.v6i2.138