PENGARUH BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Isi Artikel Utama

Junaidi
I.N. Sudiana
D.P. Parmiti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas isi/materi, media dan desain di dalam handout yang dikembangkan; 2) keperatisan bahan ajar handout berbasis gambar dalam penerapan dipembelajaran lapangan.3) efektivitas bahan ajar handout untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran tema 6 kelas V. Pengembangan bahan ajar handout ini berdasarkan teori dari Brog dan Gall, dalam pengembangan bahan ajar ada sepuluh langakah pengembangan bahan ajar menurut Brog dan Gall. Namun, dalam penelitian pengembangn ini hanya menerapkan tujuh langkah pengembangan (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Dalam penelitian ini hasil validasi didapatakan dari validasi media 0,74 sedangkan validasi desain 0,75 dan validasi isi/materi 0,78. Sesuai dengan tabel kriteria tingkat validasi, nilai tersebut berada pada tingkat validasi tinggi. Dan untuk kepraktisan bahan ajar ini dinilai dari 3 guru kelas V yang memahami materi pembelajaran kelas V. Dari peraktisi didapatakan hasil  praktisi pertama 3,54, praktisi kedua 3,54 dan praktisi ketiga 3,82. Jika kita konversikan ke dalam kriteria kepraktisan, nilai yang didapatkan tersebut berada pada kategori sangat praktis, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar handout ini dapat diterapkan dalam pembelajaran. Untuk mengetahui hasil efektivitas  bahan ajar handout dilakukan pretest-posttest. Untuk mengathui efektivitas diukur dengan ketuntasan klasikal. Hasil yang didapatkan dari pretest 78,13% dan hasil dari posttest 93,75% hasil ini membuktikan bahwa bahan ajar handout efektiv diterapkan di pembelajaran kelas V tema 6.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan SMA.
Handoko, H., & Winarno, W. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Scaffolding Berbasis Karakter. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 411–422. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.553
Ihsan. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Indriani, R., & Rahmiati, D. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar. Sepeda(Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas, 195–209. http://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/sepeda/article/view/222
Lestari, I. (2011). Pengembaangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Prestasi Aksara.
Mawarni, H., Sholahuddin, A., & Badruzsaufari. (2022). Validitas Modul Interaktif Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 14(1), 54–64. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb
Maxwell, J. C. (2004). Berpikir Lain Dari Yang Biasanya (Thinking For A Change). Karisma Press.
Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Purba. (2005). Panduan Kegiatan Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Ruhimat. (2011). Strategi Belajar Mengajar I. Pustaka Setia.
Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Sari, W. P., & Montessori, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Modul Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(6), 5275–5279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1527
Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 1–15. https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper05_problemposing.pdf
Sulistiawan. (2008). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional.
Supit, M. W. M., Dharmono, & Refiani, M. K. (2021). Validitas Buku Saku Malvaceae Di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau Berbasis 3d Pageflip. Oryza Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/oz.v10i2.627
Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201–212. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.892
Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425–436. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.997
Widodo. (2010). Pengertian Bahan Ajar Dalam Pembelajaran. UM Press.
Yamtinah. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha.