PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL KECAK UNTUK MENANAMKAN DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA BERKEBHINEKAAN GLOBAL

Isi Artikel Utama

N.M.D.A. Astari
I.W. Lasmawan
I.M. Ardana

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh buku cerita bergambar berkearifan lokal Bali yang memiliki karakteristik yang valid, praktis dan efektif untuk menanamkan dimensi berkebhinekaan global siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan rancangan model ADDIE. Instrumen yang dikembangkan dianalisis menggunakan rumus Gregory dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Produk yang berhasil dikembangkan adalah buku cerita bergambar berkearifan lokal “Kita dan Kecak”. Berdasarkan uji yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: 1) Berdasarkan uji validitas yang dilakukan rerata persentase hasil uji validasi sebesar 94,15% dari 100% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. 2) Berdasarkan uji kepraktisan, rata-rata persentase uji kepraktisan sebesar 94,21% yang berada pada interval 81% < X ≤ 100% dan kriteria sangat praktis.  ; 3) Perolehan nilai Thitung berdasarkan hasil uji efektivitas sebesar 26,809 > 1,684 yang merupakan nilai Ttabel pada signifikansi 5% untuk uji satu arah. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh tersebut maka disimpulkan bahwa buku cerita bergambar berkearifan lokal “Kita dan Kecak” efektif digunakan untuk menanamkan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Kebhinekaan Global Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. PANDAWA, 2(3), 375–385. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i3.907

Amril, R., & Pransiska, R. (2021). Analisis Buku Cerita Bergambar “Bee Series” Sebagai Media Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak. Jurnal Golden Age, 5(02), 175–184. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3488

Antari, L. P. S. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Tari Kecak. Jurnal Stilistika, 7(1), 57–74. https://doi.org/10.5281/zenodo.3895330

Ayumi, A. Y., Haryadi, H., & Pristiwati, R. (2021). Kajian Dan Rekonstruksi Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Menulis Teks Narasi. Asas: Jurnal Sastra, 10(2). https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26317

Effiyanti, T., Pratiwi, D. E., & Dalimunthe, M. B. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi. Niagawan, 7(1), 44–49. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i1.9354

Hadi, M. Y., Meirani, R. K., & Minatullah. (2022). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Kesenian Ojhung dan Singo Ulung Dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada PAUD Dan Pendidikan Dasar. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3329

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. P. (2021). “Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus.” Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan, 19(1), 59–68. http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g674

Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas Aud. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18–30. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975

Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111

Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, A. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 322–328. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085

Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 467–474. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-68.pdf

RESTRA KEMENDIKBUD, R. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138

Widiyanti, A., Ernawati, T., Hasanah, M., & Dewi, N. P. (2022). Profil Mahasiswa Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global di Era 4 . 0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 735–739. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1973