PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL TRADISI NGAYAH UNTUK MENSTIMULASI TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERGOTONG ROYONG

Isi Artikel Utama

A.A.I.R. Indirayani
I.N. Sudiana
M.G.R. Kristiantari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku  cerita bergambar berkearifan lokal yang berjudul “Ngayah adalah Nyawa” untuk menstimulasi tumbuh dan berkembangnya karakter profil pelajar Pancasila dimensi bergotong royong pada siswa kelas IV sekolah dasar gugus Kapten Japa.  Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, dengan rancangan model ADDIE. Adapun hasil yang diperoleh yakni: 1) Hasil uji validasi sebesar 95,21% dengan kriteria sangat valid. Buku ini dinyatakan valid baik dari segi kebahasaan, materi, konten tradisi ngayah yang terkandung didalamnya, dan sebagai media pelajaran; 2) Rata-rata persentase uji kepraktisan sebesar 96,5% dengan kriteria sangat praktis; 3) Hasil uji efektivitas sebesar 4,37 dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar berkearifan lokal tradisi ngayah dengan judul “Ngayah adalah Nyawa” efektif digunakan untuk menstimulasi tumbuh dan berkembangnya karakter profil pelajar Pancasila dimensi bergotong royong pada siswa kelas IV sekolah dasar gugus Kapten Japa. 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1097

Eliya, M. (2021). Peningkatan keterempilan membaca menggunakan media buku cerita bergambar pada siswa kelas II. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 517–526. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v5i7.851

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621

Kaso, N., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Penguatan Mitigasi Radikalisme Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Taman Kanak-Kanak di Kota Palopo. Madaniya, 2(2), 152–167. https://doi.org/10.53696/27214834.68

Legawa, I. M. (2018). Ngayah: Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Perspektif Kajian Sosiologi Pendidikan). Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 4(2), 101–107. https://doi.org/10.36733/jsp.v4i2.450

Mirnawati, N. P., Agung, A. A. G., & Natajaya, I. N. (2020). Kontribusi gaya kpemimpinan kharismatik, konsep jengah, ngayah, dan kecerdasan spiritual terhadap komitmen organisasional guru sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 11(1), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3170

Nieveen. 1999. Prototyping to Reach Product Quality: Design Approches and Tools in Education and Training. Van den Akker, jan. et. al. Dordrecht, the Neterlands: Kluwer Academic Publisher.

Perdana, N. S. (2018). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dalam upaya pencegahan kenakalan remaja. Edutech, 17(1), 32–54. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/e.v1i1.9860.g7318

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

RESTRA KEMENDIKBUD, R. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. PENDIDIKAN DAN KONSELING, 4, 6182–6195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472

Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952–957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849

Saputra, H., Nisa, H., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Krakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.1684

Shufa, F., Khusna, N., & Artikel, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. BASICEDU, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v2i2.157

Widiantoro, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Ecoprint untuk Meningkatakan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar. Didaktika Pendidikan Dasar, 4(3), 759–778. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i3.142