PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA

Isi Artikel Utama

N.P.F.V. Dewi
N. Dantes
I.M. Gunamantha

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SD gugus II kecamatan kuta utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan rancangan The Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 186 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 56 siswa. Penentuan sampel menggunakan Teknik random sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran CTL berbasis etnosains, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah MANOVA. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang simultan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains, dengan F hitung sebesar 37,125 dan signifikansi < 0,05, 2) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dengan F hitung sebesar 65,616 dan signifikansi < 0,05, dan 3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnosains dengan F hitung sebesar 22,941 dan signifikansi <0,05.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Aliyyah, R. R., Ayuntina, D. R., Herawati, E. S. B., Suhardi, M., & Ismail. (2020). Using of Contextual Teaching and Learning Models To Improve Students Natural Science Learning Outcomes. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.50

Gading, I. K., Antara, P. A., & Hidayat, A. S. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu, 24(2), 141–150. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21256

Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451–460. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974

Haryanto, P. C., & Arty, I. S. (2019). The Application of Contextual Teaching and Learning in Natural Science to Improve Student’s HOTS and Self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012106

Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal DinamikA, 3(2), 112–126. https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i2.112-126

Hutahaean, L. A., Siswandari, S., & Harini, H. (2019). Need Analysis of the Development of Economics Interactive E-Module Based on Contextual Teaching and Learning for SMA. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 343–350. https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.309

Juliyantika, T., & Batubara, H. H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(3), 4731–4744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2869

Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The implementation of mathematics comic through contextual teaching and learning to improve critical thinking ability and character. European Journal of Educational Research, 10(1), 497–508. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.497

Mayasari, T. (2017). Integrasi budaya Indonesia dengan Pendidikan Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 2010, 12–13. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1606

Nabila, L. A., & Widjajanti, D. B. (2020). Self-esteem in mathematics learning: How to develop it through contextual teaching and learning approach? Journal of Physics: Conference Series, 1581(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012049

Pangemanan, A. (2020). Application of Contextual Teaching and Learning Approach on Statistics Material Against Student Results. International Education Studies, 13(4), 1. https://doi.org/10.5539/ies.v13n4p1

Puryadi, P., Rahayu, S., & Sutrio, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 23–32. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.329

Rahma, S., Farida, F., & Suherman, S. (2017). Analisis berpikir kritis siswa dengan pembelajaran socrates kontekstual di SMP negeri 1 padangratu lampung tengah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 121–128. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/29

Sari, S. P., Mapuah, S., & Sunaryo, I. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Etnosains untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i1.284

Suastra I.W, & Ketut, T. (2017). Efektifitas Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Di SMP, 5(3), 258–271. https://doi.org/prefix 10.23887/jppp

Sudarmin. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains Dan Kearifan Lokal: KONSEP Dan Penerapannya (Parmin (ed.)). CV. Swadaya Manunggal.

Sukiasih, M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Puisi Pada Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 319. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16230

Suryani, H., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2017). Development and validity of mathematical learning assessment instruments based on multiple intelligence. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 93–103. https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.15286

Temuningsih, Peniati, E., & Marianti, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berpendekatan Etnosains Pada Materi Sistem Reproduksi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Biology Education, 6(1), 70–79. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i1.14060

Turmuzi, M., Sridana, N., Sarjana, K., & Soeprianto, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Di Gugus Ii Kecamatan Lembar Dalam Menerapkan Authentic Assesment Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v3i1.1613

Utari, U. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i12016p039