PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK SUBTEMA PEKERJAAN DI SEKITARKU KELAS IV SD/MI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas modul elektronik (e-modul) pada subtema Pekerjaan di Sekitarku kelas IV SD/MI; 2) kepraktisan modul elektronik (e-modul) untuk subtema Pekerjaan di Sekitarku kelas IV SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan desain dan produk (Design and Development) dengan merujuk pada model ADDIE. Software yang digunakan untuk mengembangkan modul elektronik (e-modul) adalah Kvisoft Flipbook Maker Pro 3.6.10. Data yang dikumpulkan berupa data validitas modul elektronik (e-modul) dan respon pengguna. Validitas diukur menggunakan uji ahli yang meliputi ahli media, ahli, materi, dan ahli bahasa. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Respon pengguna diperoleh dari responden yaitu 2 orang guru dan 40 siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) uji validitas ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Rata-rata keseluruhan validasi sebesar 95,56% yang berada pada interval 81%-100% yang menunjukkan berada pada katagori sangat valid. 2) rata-rata respon guru dan siswa terhadap modul elektronik (e-modul) sebesar 87,19% berada pada interval 81%-100% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dsimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan e-modul yang valid dan praktis.
Rincian Artikel
Referensi
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chofifah, Nur., Stefanus C. Relmasira & Feprina Pinda Pratami (2019). Desain Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Budaya untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Jurnal Penelitian Humaniora Vo. 20 No 01, 39-46
Gunadharma, A. (2011). Pengembangan Modul Elektronik sebagai Sumber Belajar untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Jurnal Pendidikan Teknoogi dan Kejuruan, 3.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setya.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 5 No 2, 180-191.
Janum, YM. 2018. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Tersedia pada Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume 10, Nomor 1, Januari 2018, hlm. 1-136
Korur, Fikret, Sacip Toker, & Ali Eryılmaz. 2016. Effects of the integrated online advance organizer teaching materials on students’ science achievement and attitude. Journal of Science Education and Technology. 25(4):628-640
Kuncahyanto. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 219-231
Kusrianto, A. 2010. Pengantar Tipografi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Marlina. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Etnokonstruktivisme Dalam Topik Lacak dan Tengkuluk Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Repository Unja https://repository.unja.ac.id/
Nurdini. (2018). Implemantasi Warna pada Sampul Buku Cerita Bergambar Legenda Ciujung dan Ciberang. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya Vol 01 No 01, 69-77
Sahar, S., & Rohita, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna dengan Metode Eksperimen di Kelompok Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Flamboyan RW II. PAID. Teratai, 3(3), 1-6
Sugianto, D. (2013). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Invotec Vol IX No 2, 110-116.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo., E. P. (2018). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Matematika, 147-156.
Widiastuti, Ni Luh Gede Karang & I Putu Edy Purnawijaya. 2019. Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Seminar Nasional INOBALI Inovasi Baru dalam Penelitian Sains, Teknologi, dan Humaniora, 1103-1110.
Yasa, Arnelia Dwi. (2018). E-Module Based on Ncesoft Flip Book Maker for Primary School Students. International Journal of Engineering & Technology, 7(3.4)
Yogananti, Auria Farantika. (2015). Pengaruh Psikologi Kombinasi Warna dalam Webite. Andharupa, Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia Vol 01 No 01, 45-54