KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MENGGUNAKAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DENGAN MEDIA PERMAINAN KELERENG

Isi Artikel Utama

O.D.N. Jannah
N. Fajrie
D. Kurniati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting dengan berbantuan permainan kelereng di kelas IV SD 2 Jepang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Jepang sejumalah 19 peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif untuk instrument tes dan analisis data kualitatif untuk instrument lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan permainan kelereng dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa sebanyak 79% dengan kriteria baik pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 84% dengan kriteria sangat baik pada siklus II.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anisah, T., & Carlian, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i2.9047

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 17(2), 90–97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep untuk Mengatasi Miskonsepsi dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136. http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2553

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Karwati, N. P. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 105. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15386

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Lestari, F., Marta, R., & Indah, V. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal on Teacher Education, 2(1), 247–255. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1225

Mei, M. F., Baptis Seto, S., & Trisna Sero Wondo, M. (2020). Pembelajaran Kontekstual Melalui Permainan Kelereng Pada Siswa Kelas Iii Sd Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 61–70. https://doi.org/10.37478/jupika.v3i2.669

Mukhbitah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 312–321. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20561

Mulyatna, F., Nurrahman, A., & Seruni. (2020). Pembelajaran Matematika Sd / Mi Yang Inovatif Melalui Permainan. Jurnal Pengabdian Community, 2(2), 52–58. http://community.ejournal.unsri.ac.id/index.php/community/article/view/27/18

Novanto, Y. S., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Poe Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4665

Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p189-196

Sadiah, A. S., Komala, E., & Sugiarni, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 69–73. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i2.3367

Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1859

Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427

Surya Sahayu, S., Jampel, I. nyoman, & Laba jayanta, I. nyomn. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 321. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16148

Yulia, P., & Utami, S. (2018). View of Menurut arti katanya, probing adalah penyelidikan, pemeriksaan, sementara prompting adalah mendorong atau menuntun. Menurut Suherman (dalam Huda, 2013:281) pembelajaran probing-prompting adalah pembelajaran dengan menyajikan serangkaian pertanyaan. 1(2), 56–62. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/218/203

Zahroh, F., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan Fakhrudiana. Prosiding Nasional Pendidikan, 1(1), 474–479. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1079