PENGGUNAAN STRATEGI CONCEPT MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Isi Artikel Utama

K. Nikmah
N. Fajrie
D. Kurniati

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V dengan menggunakan strategi Concept Mapping. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang mengadopsi strategi Concept Mapping. Penelitian ini direalisasikan dalam tiga siklus dengan satu pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian terdiri dari 40 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan yang berada di kelas V. Lokasi penelitian dilakukan di sebuah SD di Kota Semarang. Sumber data yang berasal dari siswa diperoleh dari data awal hasil belajar siswa sebelum dikenai tindakan, hasil pengamatan aktivfitas siswa selama proses pembelajaran dengan strategi Concept Mapping, catatan lapangan, wawancara, dan hasil evaluasi pembelajaran. Data dikumpulkan melalui metode tes dan non-tes. Data dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa tingkat pencapaian klasikal meningkat seiring dengan berjalannya siklus penelitian. Pada siklus pertama, persentase ketuntasan klasikal adalah 52,5%, yang kemudian meningkat menjadi 72,5% pada siklus kedua, dan meningkat lagi menjadi 85% pada siklus ketiga. Studi ini menunjukkan bahwa strategi Concept Mapping dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V. Disarankan agar guru mempertimbangkan strategi Concept Mapping sebagai solusi untuk melaksanakan pembelajaran IPS di kelas.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ade, A., Putri, A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 1(1), 21–32. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Ardian, T., Hidayah, N., & Anggraeni, W. (2022). Hakikat, Tujuan dan Karakteristik Pembelajaran IPS yang Bermakna pada Peserta Didik Sekolah Dasar. 1, 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25

Attamimi, T. A., Ahmad, R. F., Fajar, R. Al, Uin, P., Malik, M., & Malang, I. (2023). Teknik Pengolahan Dan Penilaian Hasil Belajar Aspek Kognitif Dalam Evaluasi Pembelajaran: Studi Analisis Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 147–160. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1827

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado, 12, 106–124. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Harefa, T. (2019a). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas V SD. 7. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd

Harefa, T. (2019b). Penggunaan Metode Pembelajaran Concept Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Slogan. Jurnal JRPP, 2, 333–345. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.641

Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal EDUTECH, 8, 32–45. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049

Khasanah, K. (2019). Peta Konsep sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edu Trained, 3. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.8

Made, A. M., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning ( PjBL ) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128

Maharuli, F. M. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(2), 265–271. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966

Monika, K., Suastika, N., Sanjaya, D., & Sariyasa. (2023). Penerapan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Meningkatkan Sikap Gotong Royong. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(1), 7–15. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.890

Negoro, R. A. (2018). Upaya Membangun Ketrampilan Berpikir Kritis Menggunakan Peta Konsep Untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan, 3, 45–51. http://dx.doi.org/10.26740/jp.v3n1.p45-51

Nursoviani, L. D., Farhan, Y., Sahal, D., & Ambara, B. (2019). Penerapan Media Mind Mapping Tipe Network Tree untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Madrasah Ibtidaiyah. 16(2). https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.405

Rikmasari, R. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) Kelas IV SDN Kranji II Bekasi Barat. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 124–129. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14228

Sulfemi, W. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengelolaan Sosial Indonesia, 4, 13–19. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/view/1204/1001

Sundari, S., & Muslih, H. (2023). Implikasi Pedagogis Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini Pada Konsep Fitrah Untuk Anak Dalam Penafsiran Al-Qur’an Ibnu Katsir. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5, 316–335. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i1.2800

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154

Wiwin, G., Muzakkar, A., & Widiyanti, B. L. (2022). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Concept Mapping Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 2 Gelora Kecamatan Sikur Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya, Dan Terapan, 28–33. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i1.208

Wulandari, F. A., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174