PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI SAD KERTIH LOKA BALI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar IPA siswa yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model problem based learning berorientasi sad kertih loka Bali terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Patimura tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus Patimura Denpasar Selatan, jumlah populasi 309 siswa. Sebanyak 96 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan metode tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Data dianalisis menggunakan analisis MANOVA berbantuan program IBM SPSS Statistic 25.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning berorientasi Sad kertih loka Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Patimura. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning berorientasi Sad kertih loka Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Patimura. Ketiga, Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning berorientasi sad kertih loka Bali dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Patimura. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif model problem based learning berorientasi sad kertih loka Bali terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Fajarwati, I. (2020). Problem based learning (PBL) to improve crithical thingking skill. Humanities, and Education Studies (Shes), 3(3), 2238–2243. https://doi.org/https://jurnal.uns.ac.id/ SHES/article/view/
Fatardha, K. I., & Fauzan, A. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Suliki menggunakan watson-galser crithical thingking appriasial. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 9(4), 76–81. https:// ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/10529
Fauzi, K. M. A. (2018). Mathematics learning by using metacognitive approach to improve mathematical logical thinking ability and positive attitude of junior high school student. Journal of Education and Practice, 9(6), 115–124. https://doi.org/http:// www.iiste.org/ Journals/index.php/JEP /article/view/41351
Khaeruddin. (2017). Model pembelajaran fisika berorientasi keterampilan proses sains (model PFBKPS). Pustaka Almaida.
Lubis, S., Sinaga, B., & Mulyono. (2018). The differences of mathematical problem solving ability and motivation of learning mathematics between students are given PBL and RME model assisted by geogebra. Journal of Education and Practice, 9(6), 53 60. https://doi.org/http://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/41148
Mahendra, P. R. A. (2021). Conception of local wisdom nangun sad kerthi loka bali in character education. Webinar Dewan Profesor Universitas Sebelas Maret (WDPUNS 2021) SHEs: Conference Series, 4(4), 74–84. https://doi.org/https://jurnal.uns.ac.id/ SHES/article/view/50589
Munandar, H., Sutrio, & Muhammad. (2018). Pengaruh model pembelajaran berorientasi masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa sman 5 mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 111–120. https://doi.org/https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/526
Nurhaedah, N., Hartoto, H., & N.I., A. (2022). The effect of problem based learning model on students outcomes in learning natural science of 5th grade at upt sdn 104 tontonan anggeraja district enrekang regency. International Journal of Elementary School Teacher, 2(1), 39–55. https://ojs.unm.ac.id/IJEST/article/view/34005
Pohan, L. A., & Syahwin. (2018). The development of lesson plan of PBL model to promote critical thinking ability and students’ curiosity in acid-base. Journal of Education and Practice, 9(18), 101–106. https://doi.org/https://iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/ 43118
Prastyaninda, F. A., Sukarmin., & Suparmi. (2018). Pembelajaran fisika menggunakan pendekatan problem based learning melalui metode eksperimen dan inkuiri terbimbing ditinjau dari keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 2(7), 209–219. https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/22976
Rossytasari, I. O., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Meta analisis model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2067–2080. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1135/0
Sambarita, L., & Ambarita, A. (2019). The development of integrative thematic learning tools based on problem based learning to improve critical thinking of students in fourth grade in elementary school. Journal of Education Education and Practice, 10(30), 33–40. https://www.iiste.org/ Journals/index.php/JEP/article/view/49999
Sitindaon, S. F., Bukit, N., & Turnip, B. M. (2017). The effect of guided inquiry learning using phet media on students’ problem solving skill and critical thinking. Journal of Education and Practice, 8(21), 129–134. https://doi.org/https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/viewFile /37939/39023
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alphabeta.
Ulfiana, N., & Fitria, Y. (2021). Penaruh model problem based learning terjhadap hasil belajar kognitif IPA pada pembelajaran tematik. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 2319–2326. https://ejurnalunsam.id/index. php/jbes/article/download/5816/3407/
Wiana, I. K. (2018). Sad kertih, sastra agama, filosofi, dan aktualisasinya. Jurnal Bappeda Litbang, 1(3), 159–180. https://ejournal.baliprov.go.id/ind ex.php/jbmb/article/view/29