IMPLEMENTASI ETNOMATIKA BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP BERPIKIR KRITIS DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN VERBAL SISWA KELAS II SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Saat ini pembelajaran berbasis budaya tidak selalu diterapkan dalam kurikulum sekolah, termasuk pada kegiatan belajar mengajar di sekolah. Salah satu bentuk pembelajaran berbasis budaya adalah etnomatematika. Budaya permainan tradisional curik-curik tanpa disadari dapat diterapkan pada konsep matematika, khususnya materi waktu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan pembelajaran Etnomatematika berbasis permainan tradisional curik-curik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kemampuan verbal siswa kelas II SD di Gugus Pattimura Kecamatan Denpasar Selatan. Data dianalisis menggunakan ANAKOVA dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Sebanyak 63 siswa kelas II dipilih sebagai sampel dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan berpikir kritis dengan tes essai dan kemampuan verbal siswa dengan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang menerapkan pendekatan etnomatematika dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ( Fhitung = 7,071 > Ftabel = 3,998). Kedua, setelah dikendalikan oleh kovariabel kemampuan verbal, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran etnomatematika dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Fhitung = 4,295 > Ftabel = 4,00). Ketiga, terdapat kontribusi kovariabel kemampuan verbal yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (rhitung = 0,570 > rtabel =0,215).
Rincian Artikel
Referensi
Candiasa, I Md. 2010. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi dengan SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Daniyati, N A. dan Sugiman. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 10 – Nomor 1, Juni 2015, (50-60). online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras
Irawan, Ari dan Gita K. 2016. Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. e-ISSN 2442-5419 Vol. 5, No. 2 (2016) 110-119.
Jennings, S. dan Dunne. (1999). Math Stories,Real Stories, Real-life Stories.
Koyan, I. W. (2003). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan kemampuan penalaran verbal terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No. 1 TH. XXXVI Januari 2003. ISSN 0215-8250.
Kumara, Amitya. 2001. Dampak kemampuan verbal terhadap ekspresi tulis. Jurnal Psikologi, Vol.1, No.1, Hal 35-40
Kurumeh. 2004. Pengaruh Pendekatan Pengajaran Ethnomatematics Pada Prestasi Sisa Dan Minat Dalam Geometri Dan Pengukuran. Tesis Ph.D yang tidak dipublikasikan. Universitas Nigeria, Nsukka.
Rosa, M. & Orey, D. C. 2011. Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54
Saregar, Antomi dkk.2011. Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Verbal Siswa.
Simbolon, Naeklan. 2014. Pengaruh pendekatan pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris siswa SMA Negeri 14 dan 21 Medan. Cakrawala Pendidikan. Vol.2, No.3, Hal 225-235.
Suhartini dan Adhetia, M. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang Vol. Ii, No. 2, September 2017.
Online di: http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index
Supriadi, Pembelajaran Etnomatematika dengan Media Lidi dalam Operasi Perkalian Matematika untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Cinta Budaya Lokal, Jurnal Seminar Nasional STKIP Siliwangi, Serang: Sekolah Pascasarjana UPI, 2010
Suryawan, I P.P. dan Sariyasa. 2018. J. Phys .: Conf. Ser. 1040 012033
Widiani, V. A A O. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas II SD Gugus Mas Ubud. Termuat pada Pendasi, Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 4 No. 1, Pebruari 2020.
Wijayanti, Ria dan Anita Trisiana. 2018. Pengaruh Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III. Termuat pada jurnal Sinektik, Vol. 1 No. 2, Desember 2018. Surakarta : Universitas Slamet Riyadi.
Zhang, W. dan Zhang, Q, 2010. “Ethnomathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum”. Journal of Mathematics Education, Volume 3 No. 1. Pp.151-157.