PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah rancangan non-equivalent posttest only control grup design. Populasi dalam penelitian ini 186 siswa kelas IV SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Dari 186 populasi siswa, 64 siswa ditetapkan sebagai sampel. Data aktivitas, dikumpulkan dengan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik 3) Terdapat perbedaan secara simultan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum berbasis pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di Gugus XIII Kecamatan Buleleng
Rincian Artikel
Referensi
Adnyana, Gede Metta. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Kelas V Ditinjau dari Minat Outdoor. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Volume 9 (2). Tersedia http://e-journal-pascaundiksha.ac.id
Azarudin,S. 2015. Menyiapkan generasi Emas Indonesia Dengan Pendidikan Berkualitas. Bangka Belitung: Radar Bangka
Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Singaraja: Undiksha Press.
Gunarhadi, Kassim, M., Sukor, A. S. 2014. “The Impact Of Quantum Teaching Strategy On Student Academic Achievements And Selfesteem In Inclusive Schools”. Journal (diterbitkan). Malaysian Journal of Learning and Instruction: Vol. 11.
Hosnan, M.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Huda, N.2013. Pengaruh Pembelajaran Quantum dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas IV SDN 3 Pancor. e-Journal program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 3. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id
Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebuadayan RI.
Putri, Padmarani Sudewi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Tandur terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa kelas V Tahun ajaran 2017/2018 di Gugus IV Kecamatan Sukasada Singaraja. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Ratna, Dewi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Tandur terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa SD Kelas V di Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Tesis(tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Septiasasari, Ni Putu. 2020. Pengaruh Model Repciprocal teaching Berbasis Saintifik Terhadap Kemampuan Berfikir kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4 (1). Tersedia http://e-journal-pascaundiksha.ac.id
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta.
Supramono, Agus 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum ( Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten LuwuTimur. Tersedia pada Jurnal Nalar Pendidikan Volume 4 (2). Tersedia pada http:// medianeltti .com