PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas isi instrument keterampilan menulis karangan dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar; 2) reliabilitas instrument keterampilan menulis karangan dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan desain dan produk (Design and Development) dengan merujuk pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatian, Evaluation). Instrumen keterampilan menulis berupa rubric penilaian, sedangkan instrument kekampuan berpikir kreatif berupa kuisioner. Data berkaitan dengan validitas dianalisis menggunakan CVR sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Validitas diukur menggunakan uji ahli sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang dosen ahli dan 3 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan perhitungan CVR, untuk validitas isi instrument keterampilan menulis tergolong valid. Untuk instrument kemampuan berpikir kreatif, dari 50 pernytaan, sebanyak 44 pernyataan dinyatakan valid dan 6 pernyataan dikatakan tidak valid. 2) Berdasarkan perhitungan, reliabilitas instrument kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,77 yang berada pada rentang 0,60 < r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik). Hasil analisis data reliabilitas kemampuan berfikir kreatif sebesar 0,74 yang berada pada rentang 0,60 < r11 ≤ 0,80 derajat reliabilitas tinggi (baik). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan instrument keterampilan menulis dan kemampuan berpikir kreatif yang valid dan reliabel.
Rincian Artikel
Referensi
Anderson. L.W&David. Krathwohl. 2010. Terjemahan. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: Putaka Pelajar
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara
Asmin. 2006. Pengaruh Ragam Bentuk Tes Objektif dan Gaya Berpikir terhadap Fungsi Informasi Tes: Penelitian Quasi Eksperimental dengan Analisis Item Response Theory di SMU DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 062 (12):633—655.
Borg, W.R. & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education Inc.
Candiasa, I.M. 2010, Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEP. Singaraja: Undiksha Pres
Coon, D. & Mitterer, J.O. 2014. Psychology; A Journey. Fifth Edition. California: Wadsworth, Cengage learning.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press
Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Raja Grafindo Persada.
Dantes, N. 2017. Pedagogik dalam Perspektif. Singaraja: Undiksha Press.
Dantes, Nyoman 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
Darmani, N.N., Marhaeni, A.A.I.N., & Sutama, I. M. 2013. Pengaruh Strategi Pemodelan Berbantuan Media Cetak Terhadap Kemampuan Mengarang Prosa Siswa Kelas V SD Ditinjau Dari Bakat Verbal. Jurnal Pendididkan Dasar Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tahun 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jakarta: Depdiknas.
Drapeau, P. 2014. Sparking Student Creativity: pratical ways to promote Innovative Thinking and Problem Solving. Virginia: ASCD
Dunn, W.N. (2008). Public Policy Analysis: An Introduction. Englewood Cliff, N.J.: Prectice Hall, Inc.
Endrayanto, Sunu dan Wahyu Harumurti. 2017. Aplikasi Rubrik untuk Penilaian Belajar Siswa Menilai Tanpa Menghakimi. Yogyakarta: PT Kanisius.
Fraenkel, J.C., Wallen, N.E., Hyun, H.H., (2012). How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Mc Graw Hill.
Gina, A M. 2017. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pwim (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas IV B SD Negeri Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Tersedia pada Jurnal Pena Ilmiah: Vol.2, No1 (2017) 141
Guilford.1973. Fundamental Statistics in Psychology and Education. Third Edition. Tokyo: Kogakusha Company Ltd.
Hernawan, A.H. dkk. (2007). Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Ghalia Indonesia
Indihadi, D. dkk. (2009). Pembinaan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Bandung: UPI PRESS.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Khori, N. dkk. 2017. Teaching creative Thinking Skill with Laboratory Work. Internasional Journal of Science and Applied Science: Conference Series P-ISSN: 2549-4635 E-ISSN: 2549-4627 Int. J. Sci. Appl. Sci. Conf. Ser. Vol.2 No. 1. https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/16722/13506.
M. David Miller, Linn & Gronlund, 2012. Measurement and Assessment in teaching. Texas: Pearson.
McMillan, J.H. & Schumacher, S. (2001). Research in Education: A Conceptual Introduction. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Mulyati. 2015. Terampil Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenamedia Group.
Munandar, U.2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Nilayanti, PM. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Tersedia pada Jurnal Pendasi Vol. 3 No. 1 Pebruari 2019
Nurgiantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 yang berisi tentang standar penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ratumanan, T.G. 2003. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP Di Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 5 (1): 1-10.
Resmini, N. dkk. (2009). Pembinaan dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.
Richards, & Rodgers. 1986. Approaches and Method in Language Teaching. United States: Cambridge University Press.
Siddik, Mohammad. 2018. Peningkatan Pembelajaran menulis Karangan Narasi melalui Gambar Berseri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan dari http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/ISSN 0854-8285 diakses pada 10 Juli 2020
Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Starko, A.J. 2010. Creativity in the Classroom: Schools of Curious Delight. New York: Routledge.
Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi.2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.
Taufina. Faisal. 2016. Mozaik Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Angkasa.
Tompkins, G.E., & Hoskisson, K. 2010. Languange Art Ciontent and teaching Strategies. New York: Macmillan.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Belajar
Yuliani, Hadma. 2017. Keterampilan berpiki Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah di Palangkaraya Menggunakan Pendekatan Saintifik. Palangkaraya: Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK). Vol. 3