BAHAN AJAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL PANCA YADNYA UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA

Isi Artikel Utama

I.D.A.P. Armini
I.M. Candiasa
I.W. Suastra

Abstrak

Guru belum mampu mengembangkan kegiatan pembelajaran berbasis HOTS. Selain itu guru belum mampu mengembangkan bahan ajar digital yang dibutuhkan di abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar digital berkearifan Lokal Panca Yadnya untuk meningkatkan HOTS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 2 ahli bahasa. Subjek uji coba produk yaitu 8 orang guru serta 11 orang siswa untuk menguji kepraktisan produk, dan 50 siswa untuk mengukur kefektifan produk. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaiu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil analisis yaitu penilaian yang diberikan oleh ahli materi pembelajaran yaitu 4,95 (sangat valid). Ahli media pembelajaran yaitu 4,31 (sangat valid). Ahli bahasa yaitu 4,83 (sangat valid).  Hasl uji kepraktisan oleh guru diperoleh nilai 4,89 dan siswa 4,63 (sangat praktis). Hasil uji-t menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok yang menggunakan bahan ajar digital (Kelompok A) dengan kelompok yang tidak menggunakan bahan ajar digital (Kelompok B). Disimpulkan bahwa bahan ajar digital berkearifan lokal dinyatakan efektif untuk meningkatkan HOTS siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agustin, D. Y., Setyosari, P., & Suharti. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Digital Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 140–150. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p140

Alabaş, R. (2018). Study on the First Appearance of Social Studies in the Elementary School Program in Turkey. International Education Studies, 11(11), 95. https://doi.org/10.5539/ies.v11n11p95

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Ani Rahmawati, Nur Lailatin Nisfah, S. K. (2019). The Capability Analysis of High Order Thinking Skills (HOTS) on Dynamic Electricity Material in Junior High School. JPPPF: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(3). https://doi.org/10.21009/1.05211

Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341

Anud, A. (2019). Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Literasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Gandusari Kabupaten Blitar. IAIN Tulungangun.

Ariesta, & Olifia, R. (2019). The effectiveness of e-learning media to improve natural science learning outcomes in elementary school. Journal of Education Research and Evaluation, 3(2), 88–94. https://doi.org/10.23887/jere.v3i2.17203

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP. Unissula. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69–88. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Mater Gerak. Vox Edokasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829

Chairudin, M., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.491

Delawati, D., Kumala, F. N., & Shaleha, P. R. (2019). Keterampilan Berpikir Kritis: Model Brain-Based Learning Dan Dan Model Whole Brain Teaching. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3356

Dewi, N. P. D. S. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Empati Anak Kelompok B1 TK Tunas Daud Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 78–87. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18761

Dewi, N. R., Kannapiran, S., & Wibowo, S. W. A. (2018). Development of digital storytelling-based science teaching materials to improve students’ metacognitive ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 16–24.https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12718

Dewi, R., Asyura, I., & Pamungkas, A. S. (2020). The Development Design of Digital Teaching Materials Assisted By Powtoon Application for Science Learning in Primary School. Jpsd, 6(2), 212–226. https://doi.org/10.30870/jpsd.v6i2.9490

Erawati, G. A. P. S. A., Widiana, I. W., & Japa, I. G. N. (2021). Elementary School Teachers’ Problems in Online Learning during the Pandemic. International Journal of Elementary Education, 5(4), 562. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39233

Fatimahtuzzahroh, A. M., Mustadi, A., & Wangid, M. N. (2021). Implementation HOTS Based-Learning during Covid-19 pandemic in Indonesian Elementary School. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(1). https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i1.202109.

Fitriana, D. A., Sulton, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan bahan ajar keterampilan menulis esai dan cerita pendek untuk santri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 101. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13149

Fitrianawati, M., Sintawati, M., Marsigit, & Retnowati, E. (2020). Developing Ethnomatematics In Geometry Learning For Elementary Schools Students: A Preliminary Design. IJSTR: International Journal of Scientific & Technology Research, 9(1), 2754–2758. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012003

Hajar, M. S., & Minarti, E. D. (2019). Pengaruh Self Confidence Siswa SMP terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.36815/majamath.v2i1.293

Hastuti, P., Thohiri, R., & Panggabean, Y. (2020). Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 4(2), 60. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.13559

Helsa, Y., Ariani, Y., & Kenedi, A. (2021). Digital Class Model in Mathematics Learning in Elementary School Using Social Learning Network Schoology. Atlantis Press, 382(Icet 2019), 2016–2019. https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2304599

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher order thinking skills from elementary to master students in environmental learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.935

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Ilmi, A. M., Sukarmin, & Sunarno, W. (2020). Development of TPACK based-physics learning media to improve HOTS and scientific attitude. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012049

Ilmi, R., Arnawa, I. M., Yerizon, & Bakar, N. N. (2021). Development of an Android-Based for Math E-Module by using Adobe Flash Professional CS6 for Grade X Students of Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012026

Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.74

Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Didaktis: Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35. https://doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1555