EFEKTIVITAS GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS II TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan hasil belajar di kelas V SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian 186 orang siswa. Sampel sebanyak 52 orang siswa diperoleh dengan teknik random sampling. Data minat baca dikumpulkan dengan kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Analisis data menggunakan analisis Manova. Berdasarkan analisisi data penelitian didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat efektivitas Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap minat baca siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya dan Tema Peristiwa dalam Kehidupan kelas V di SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) terdapat efektivitas Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap hasil belajar siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya dan Tema Peristiwa dalam Kehidupan kelas V di SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) secara simultan, terdapat efektifitas secara simultan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap minat baca dan hasil belajar siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya dan Tema Peristiwa dalam Kehidupan kelas V di SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020.
Rincian Artikel
Referensi
Batubara, H.H. and Ariani, D.N., 2018. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 4(1), pp.1529.
Candiasa, I Made. 2010. Statistik Multivariat Petunjk Analisis dengan SPSS. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Dantes, N. 2012. Analisis dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pasca Sarjana Undiksha.
Kemendikbud. 2016. Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan Gerakan Literasi Untuk Tumbuhkan Budaya Literasi. Jakarta: Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan.
Koyan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Pambudi, Dholina Inang. 2015. “Membangun Karakter Anak Melalui Keterampilan Literasi Dalam IPS”. Repositori Universitas Ahmad Dahlan, I. pp. 1-3. ISSN 978-60298647-4-8.
Wanelly, W., 2019. Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), pp.406-413.
Wulanjani, Arum Nisma. Candradewi Wahyu anggraeni. 2019. Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar.
Proceeding of Biology Education. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar (2019), 3 (1), 26-31.
Yanti, Devi Ratna. Rochmiyati Rochmiyati. Loliyana Loliyana. 2019. Pengaruh Aktivitas Literasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pedagogi. FKIP. Unila. Vol 2, No 3 Tahun 2019.