PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PQ4R TERHADAP MINAT LITERASI HUMANISTIK DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS II TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Isi Artikel Utama

Ketut Partami
Ida Bagus Putu Arnyana
Ida Bagus Putrayasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan saintifik dengan metode PQ4R terhadap minat literasi humanistik dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian 172 orang siswa. Sampel sebanyak 79 orang siswa diperoleh dengan teknik random sampling. Data minat literasi humanistik dikumpulkan dengan kuesioner dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes objektif. Analisis data menggunakan analisis Manova. Berdasarkan analisisi data penelitian didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat pengaruh implementasi pendekatan saintifik dengan metode PQ4R terhadap minat literasi humanistik siswa kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) terdapat pengaruh implementasi pendekatan saintifik dengan metode PQ4R terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) secara simultan, terdapat pengaruh implementasi pendekatan saintifik dengan metode PQ4R secara bersama-sama terhadap minat literasi humanistik dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh implementasi pendekatan saintifik dengan metode PQ4R terhadap minat literasi humanistik dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agung, Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media. Publishing.
Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Astuti, Yani Kusuma. 2016. Literasi Sains Dalam Pembelajaran. e Journal Universitas Wiralodra.
Candiasa, I Made. 2010. Statistik Multivariat Petunjk Analisis dengan SPSS. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Faradita. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA di SD dengan Menggunakan Metode PQ4R. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 3(1), 7-13.
Juniawan, Made Edy. 2020. Pengaruh Pembelajaran Saintifik Berbasis Literasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Pelajaran Kelompok Sosial Humaniora Siswa Kelas V SD Di Gugus 1 Kuta. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol 4, No 1.
Kemendikbud. 2016. Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan Gerakan Literasi Untuk Tumbuhkan Budaya Literasi. Jakarta: Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan.
Koyan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Miftakhurrofi’ah. 2018. Pengaruh Perangkat Pembelajaran Berbasis Strategi PQ4R Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. E-Journal Pendidikan IPA. Volume 7 No 8 Tahun 2018.
Oktavianti, Ika, dkk. 2017. Menggagas Kajian Budaya Lokal Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding seminar nasional. aktualisasi kurikulum 2013 di sekolah dasar melalui gerakan literasi sekolah untuk menyiapkan generasi unggul dan berbudi pekerti. 15 maret 2017.Google Scholar.
Puspita. 2015. Strategi Membaca PQ4R. Online. Tersedia Pada: http://www.kajianpustaka.com/2015/01/strategi-membaca-pq4r.html. Diakses pada 10 Maret 2020.
Rihi, Marince. dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia (2018).
Rikmasari. 2018. Metode Pembelajaran PQ4R dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di Bekasi. JMIE. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2 (2). 2018. 265-275.
Supriya. 2009. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Susanto, Ahmad. 2007. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wahida, Fefri. 2016. Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa: Skripsi. UIN Alauddin Makassar.
Wijayanto, Jejen. 2018. Implementasi Model Pembelajaran PQ4R Dengan Pendekatan Saintifik Pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. Vol: 1, No. 1, April 2018.
Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.