PENGEMBANGAN BUKU CERITA DIGITAL BERMUATAN TRI HITA KARANA PADA SUBTEMA GLOBALISASI DI SEKITARKU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Produk berupa buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana yang valid, praktis, dan efektif bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) adalah tujuan dari penelitian ini. Subjek penelitian meliputi enam orang ahli yang terdiri atas masing-masing dua orang ahli media, ahli bahasa, ahli materi. Sebanyak delapan orang guru serta 10 orang siswa untuk menguji kepraktisan produk, dan 30 orang siswa untuk mengukur efektivitas produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, dengan rancangan model ADDIE. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini dianalisis memakai rumus Gregory dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Penelitian ini berhasil mengembangkan produk berupa buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana yang berjudul Berlibur di Rumah Bima.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan tes. Karakteristik buku cerita bermuatan Tri Hita Karana menceritakan elemen Tri Hita Karana kehidupan tokoh di kehidupan sehari-hari. Elemen-elemen tersebut meliputi: sikap selalu bersyukur (parhyangan), menghormati sesama manusia (pawongan), dan mengasihi alam dan lingkungan (palemahan). Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasilnya: 1) analisis uji validitas memperoleh rata-rata 4,92, berada pada interval 4,21 ≤ Rv ≤ 5,00. Hasil ini menunjukkan buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana kategorinya sangat valid. 2) kepraktisan buku menunjukkan rerata 3,72, berada di interval 3,50≤ Rk ≤4,00 sehingga kategorinya sangat praktis. (3) pada uji-t, nilai Sig.(2-tailed) <0,05 bernilai signifikan. Kesimpulan penelitian pengembangan ini menghasilkan buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana pada Subtema Globalisasi di Sekitarku kelas VI SD yang sangat valid, sangat praktis, dan efektif.
Rincian Artikel
Referensi
Anud, A. (2019). Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Literasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Gandusari Kabupaten Blitar. IAIN Tulungangung.Institutional Repository niversitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulah Tulungagng. http://repo.uinsatu.ac.id/12725/
Arnyana, I. B. P., & Utami, I. A. M. I. (2021). Character Education Through JEMOYA Cycle Based on the Orientation of Tri Hita Karana Philosophy in Elementary School. Proceedings of the 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), 566, 520-526. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210715.106
Effendi, T. N. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23403
Fahmi, F. (2021). Standar Proses dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah. PENDALAS. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i1.60
Ferryka, P. Z. (2019). Pembelajaran Berbasis Sosiokultural Pada Tema Lingkungan Bersih Sehat dan Asri di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 2(1), 35–42. https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/7
Juniawan, I.M.E, Marhaeni, & L. (2020). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Berbasis Literasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Pelajaran Kelompok Sosial Humaniora Siswa Kelas V SD Di Gugus 1 Kuta. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3112
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Nurdini, Winny G.W, F. S. (2018). Implementasi Warna Pada Sampul Buku Cerita Bergambar Legenda Ciujung dan Ciberang. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 1(1), 69–77. https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.17
Parwati, L. A., Putrayasa, I. B., & Suastra, I. W. (2020). Pengembangan Buku Bergambar pada Tema Diriku Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I SD Gugus 2 Kecamatan Penebel, Tabanan. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 236-245. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.293
Pawestri, E. & Sukoco, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69–76. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.371
Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya Di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 1(2), 128 – 135. https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.27
Pratiwi, A. L. D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Mata kuliah Biologi Umum.
BIOEDUKASI. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 22–29. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i1.155
Rahayu, T. (2020). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah. The Progressive and Fun Education Seminar.
Rich, D. (2008). MegaSkills: Building our children’s character and achievement for school and life. Sourcebooks,Inc.
Rohman, M. (2013). Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Prestasi Pustakaraya.
Saefullah, I. (2016). Langkah Cepat Menerbitkan Buku Digital Secara Mandiri. Kainoe Book.
Safitri, E. R., & Nuurkamilah, S (2020). Pengembangan Buku cerita digital bermuatan Tri Hita Karana Berbasis Android Untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 296–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1612
Santrock, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Kencana Prenada Media Group.
Sriasih, A. S. P., Budasi, I. G., Nitiasih, P. K., & Wisuudariani, N. M.R. (2019). Strategi Pembelajaran Berorientasi Konsep Tri Hita Karana Pada Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal IKA, 17(2). https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19843
Suastra, I. W. (2017). Pembelajaran Sains Terkini: Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Subayil. (2020). Kebijakan Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2), 193-216. https://doi.org/10.24853/ma.3.2.51-74
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta.
Suprapto, H.M. (2021). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Lentera, 20(3), 446–463. http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v20i3.40074