PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN

Isi Artikel Utama

Desak Gede Twelva Wiryani
I Wayan Lasmawan
Ida Bagus Putrayasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku ajar berbasis Discovery Learning pada tema I  Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema I Organ Gerak Hewan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D.Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah subjek ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan guru digugus V Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan serta siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket digunakan untuk menilai buku ajar yang dikembangkan dari segi isi materi maupun tampilan buku ajar. Data dianalisis secara deskripsip kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini dilihat dari kevalidan adalah sangat layak dengan nilai rata-rata 4,25, dilihat dari kepraktisan adalah sangat praktis dengan nilai rata-rata guru 89 dan nilai rata-rata siswa 82,75 dan dilihat dari efektifitas maka berada pada tingkat efektifitas sedang dengan nilai rata-rata 0,60.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alismail, H. A., & McGuire, P. (2015). 21 St Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice, 6(6), 150–155.
Amiyani, R., & Widjajanti, J. B. (2019). Self-confidence and mathematics achievement using guided discovery learning in scientific approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042093
Cheng, S.-F. (2018). Application of Creative Teaching. Hu Li Za Zhi The Journal of Nursing, 65(6), 4. https://doi.org/10.6224/JN.201812_65(6).01
Daryanto, &Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gaya Media.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Desyandri. (2012). The Usage of CTL Approach to Improve the Process and Learning of Singing to Studen Class III Elementary School. Jurnal Pedagogi FIP UNP.
Desyandri; Vernanda, D. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu di kelas v sekolah dasar menggunakan identifikasi masalah Desyandri. In Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4 (pp. 163– 174).
Faisal. (2014). Sukses Mengawali Kurikulum 2013 di SD.Yogyakarta: Diandra Creative.
Kemendikbud. (2017). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas IV. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniasih, I dan Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Plom, T. Dan Nieveen, N. (Eds). (2017). An Introduction to Educational Design Research. Enschede: SLO (Netherlands institute for curriculum development).
Riyanto,Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Surabaya: Prenada Media.
Suastra, I Wayan. 2017. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha
Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.