PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK DENGAN MENGINSERSI NILAI-NILAI UTAMA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT UNTUK SISWA KELAS 2 SD

Isi Artikel Utama

Ni Putu Sri Pratiwi
Ida Bagus Putu Arnyana
Sariyasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas buku cerita anak dengan menginsersi nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam tema hidup bersih dan sehat untuk siswa kelas 2 SD; 2) kepraktisan buku cerita anak dengan menginsersi nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam tema hidup bersih dan sehat untuk siswa kelas 2 SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model 4D (Define, Design, Develope, dan Disseminate). Data yang dikumpulkan berupa data validitas dan kepraktisan buku cerita. Data validitas diukur dengan uji validitas melibatkan 3 ahli dan 1 praktisi. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Data kepraktisan diukur berdasarkan respon guru dan siswa yang diperoleh dari responden yaitu 1 orang guru dan 25 siswa kelas II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil uji validitas ahli dan praktisi, diperoleh rata-rata sebesar 4.54 yang berada pada kategori sangat valid. 2) berdasarkan hasil analisis respon guru diperoleh rata-rata sebesar 4.63 yang berada pada kategori sangat praktis. 3) berdasarkan hasil analisis respon siswa diperoleh persentase 92% dengan kategori sangat praktis.  Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan buku cerita anak yang valid dan praktis.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Dharma, I Md. Aditya. 2019. Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 2 No.1, April 2019, halaman 53-63.

Haryati, Sri. 2017. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Tersedia secara online di: http://lib. untidar. ac. id/wp-content/uploads diakses pada tanggal 3 September 2020

Kawuryan, S. P. (2011). Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313274/pengabdian/KARAKTERISTIK+DAN+CARA+BELAJAR+SISWA+SD+KELAS+RENDAH.pdf pada tanggal 14 Agustus 2020 jam 19.20.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. 2017. Jakarta:Presiden Republik Indonesia.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Prayoga. Randy Widi, dkk. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Narasi Melalui Penerapan Progam Literasi Berbantuan Media Buku Cerita Anak Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 11 Bulan November Tahun 2017 Halaman: 1498—1503

Sakban, S. 2019. Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SD. Al ilm jurnal ilmu hukum, 1(1), Halaman 50-61.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Nova Triana. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere Vol.02 No. 02 Oktober 2018 p-ISSN: 2597-9507 e-ISSN : 2597-9515, halaman 141-152.

Warsa, I Komang. 2018. Nilai-Nilai Spiritual dan Karakter dalam Sastra. Denpasar: Balai Bahasa Bali