PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR PADA TEMA DIRIKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I SD GUGUS 2 KECAMATAN PENEBELTABANAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku bergambar Tema Diriku Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa kelas I SD dan buku panduan gurunya .Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan desain dan produk (Design and Development) dengan merujuk pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatian, Evaluation). Data yang dikumpulkan berupa data validitas dan kepraktisan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar validasi dan angket. Lembar validasi dipakai untuk mengumpulkan data tentang validitas buku. Angket respon digunakan untuk mengumpulkan data tentang tanggapan guru untuk mengukur kepraktisan buku.Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Berdasarkan pendapat ahli dan praktisi, buku bergambar dan buku panduan guru untuk kelas I Sekolah Dasar dinyatakan “valid” dengan skor rata-rata sebesar 4,2 dan 4,17. (2) Berdasarkan pendapat praktisi, buku bergambar untuk kelas I Sekolah Dasar dinyatakan “praktis” dengan skor 4,0 sedangkan untuk buku guru dinyatakan “praktis” dengan skor 3.8.Berdasarkan hasil tersebut dsimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan buku bergambar yang valid dan praktis.
Kata kunci: buku bergambar, validitas, kepraktisan
Rincian Artikel
Referensi
Arifin, Zaenal.2009. Evaluasi Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Artiono, O. P. 2015. “Pengembangan Buku Teks Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Kelas V SDIT Internasional Luqman AlHakim Yogyakarta Kelas Bilingual”.
Azizah, Nur. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Kelas III Madrasah Intidaiyah Darussalam Tajinan Malang”. Skripsi. Malang: UIN Malang
Dharma Aditya.2019.Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Denga Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minta Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD.Journal For Leasson And Learning Studies.Vol.2 No.1
Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaat Sekolah Dasar.
Iskandarwassid & Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Kolnel Oktaria Mbeni Haba. 2019. Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah Polyglot Vol.15
Nahgiyah,Stefanus C.Relmasira.2019.Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw.Journal of Education action Research.Vol.2,Number 3
Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Purba, Mudini Salamat. 2009.Pembelajaran Berbicara.Jakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Purnama, S. (2013). Produk Pembelajaran Bahasa Arab. Literasi Vol 4 no 1, 19-32.
Sa‟ud, Udin Saefudin. 2010. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutariani, Desak Putu.2019. Pengembangan Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Bermuatan Keterampilan Abad Ke-21 (4c) Untuk Kelas Vi SekolahDasar.Singaraja.Universitas Pendidikan Ganesha.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa