IMPLEMENTASI POHON ILMU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dari hasil observasi menunjukkan siswa kelas 1 SDN 3 Bebalang masih kurang dalam kemampuan literasi. Implementasi pohon ilmu di kelas 1 SDN 3 Bebalang bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan literasi siswa dan membantu guru dalam mengembangkan pemahaman siswa mengenai materi yang diberikan guru melalui implementasi pohon ilmu ini. Metode yang digunakan yaitu metode PALS, penelitian ini merupakan action research classroom yang dilaksanakan hanya 1 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 3 Bebalang Kabupaten Bangli. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil menunjukkan implementasi pohon ilmu dapat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Penggunaan pohon ilmu juga membantu siswa dalam melatih dan meningkatkan kemampuan literasinya melalui soal-soal maupun tulisan-tulisan yang di pasang pada pohon ilmu. Respons siswa yang positif dalam penggunaan pohon ilmu, hal ini ditunjukkan melalui proses belajar yang lebih kreatif dan aktif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pohon ilmu adalah gambaran visual yang menunjukkan hubungan antara konsep yang berbeda dalam suatu topik tertentu. Implementasi pohon ilmu ini ditujukan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, maupun memecahkan masalah.
Rincian Artikel
Referensi
Baiti, N. (2020). Peran Orang tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Masa Covid-19. PRIMEARLY Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, VI(2), 113–127. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/prymerly.v3i2.323
Chyalutfa, U., Makki, M., & Syahrul Jiwandono, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82–86. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1913
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
Hendriyanto, (2022). Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Berhitung Siswa Kelas Awal - Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/meningkatkan-keterampilan-membaca-dan-berhitung-siswa-kelas-awal
Janawati, D. P. A., Pradnyana, P. B., & Darmayanti, N. W. S. (2021). Developing Interactive E-Book for Early Reading-Writing Stage at Class I Elementary School. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 11(1), 31–36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i1.1466
Kamardana, G. (2021). Efektivitas Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Di Kelas V Sekolah Dasar Gugus Ii Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 115–125. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.264
Numertayasa, I. W., Putu, N., Astuti, E., Suardana, I. P. O., & Pradnyana, P. B. (2022). Workshop Review dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur Pendahuluan. Madaniya, 3(3), 461–468. https://doi.org/https://doi.org/10.53696/27214834.236
Nurhuda, A. R. (2020). Penggunaan Media Pohon Angka Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Nurul Islam Tanjung Karang Barat. July, 1–23. http://repository.radenintan.ac.id/30120/
Nurmila. (2020). Pengembangan Media Pohon Pintar Pada Tema 7 Sub Tema 2 Pembelajaran Ke 2 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 07 MANGGELEWA. April, 65. https://repository.ummat.ac.id/3213/
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Rasmini, N. K., Pradnyana, P. B., & Putra, I. D. G. P. D. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas V Sd No. 1 Pelaga Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Deiksis, 5(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.59789/deiksis.v5i1.131
Ratu, H., Negara, P., & Rachman, D. F. (2022). Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas I SD Melalui Bimbingan Operesi Penjumlahan dan Pengurangan Matematika. 1(2), 67–77. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/ghirah/article/view/201
S.C. Rawin, I.N. Sudiana, & I.G. Astawan. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1371
Sandrawati, J., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi pada Soal Cerita Penjumlahan Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2), 199–211. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.19884
Sang, A. B. G., Buana, P. W., & Purnawan, I. K. A. (2017). Permainan Edukasi Labirin Virtual Reality Dengan Metode Collision Detection Dan Stereoscopic. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi. https://doi.org/10.24843/lkjiti.2017.v08.i02.p01
Sari, E. Y. (2021). Penggunaan Media Pohon Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1A Tema 6 di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember Tahun Pelajaran 2020. Skripsi.
Sumiadi, R., & Jamil, N. (2023). Penerapan Media Pohon Ilmu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas Iii Sdn I Sesait. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 672–677. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4750
Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050
Wulanjani, A. N. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4