UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA CORONG BERHITUNG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Upaya meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar matemtika melalui media corong berhitung. Metode pengumpulan data dengan Observasi dan tes essay. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Laban 01. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini didasari dari hasil observasi terhadap siswa dan guru. Hasil penelitian pada nilai keterampilan berpikir kreatif siswa melalui observasi masih banyak siswa yang pasif, dengan hasil skor siklus I 25. Siklus I di dapatkan hasil observasi dengan skor 39 berarti siklus II terjadi peningkatan pada tindakan yang dilakukan di siklus I. Hasil belajar matematika pra siklus rata-rata siswa hanya 70 dan presentase ketuntasan 38% sedangkan KKM pada mata pelajaran matematika 75 dan persentase ketuntasan mencapai 75%. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media corong berhitung. Hasil belajar siklus I mendapatkan rata-rata nilai 80 dan presentase ketuntasan hanya 40% maka dilakukan tindakan siklus II mendapatkan rata-rata nilai 100 dan persentase ketuntasan 100%.
Rincian Artikel
Referensi
Simangunsong, A. R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mathematis. Jurnal Islamika Granada. Jurnal Islamika Granada, 2(2), 60–68.https;//doi.org/10.51849/ig.v2i1.19
Faizah, A. N., Manasikana, C. A (2022). Peran Media Pembelajaran Corong Berhitung Terhadap Pemahaman Konsep Pembagian Di Kelas II SDN 1 Tahunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 15–24. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2073
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325
Haryati, I., Santoso, I., Sudarmaji, Rikfanto, A., Mulyati, R. E. S., & Megawati, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru Bahasa Jerman Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 65–74. https://doi.org/10.55047/prima.v1i3.214
Herdiawan, H., Langitasari, I., & Solfarina (2019). Penerapan PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep koloid. EduChemia: Jurnal Kimia 4(1), 24–35. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867
Sari, W. P., & Montessori, M. (2021) Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar menggunakan Modul Pembelajaran Tematik. Jurnal basicedu. 5(6), 5275–5279. https://doi.org/https;//doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1527
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Jurnal Unsika. 659–663. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiya, 3(1), 171–187. https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Cv. Adanu Abimata.
Wardani, I. K., Khusnah, A., & Laili, A. N. (2022). Implementasi Media Corong Berhitung Untuk Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1–26. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/3445
Widayati, A. 2018. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87 - 93. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793