PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI TRANSFER ENERGI ANTAR MAKHLUK HIDUP MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. E-LKPD telah diujicobakan untuk mengetahui validitas materi,validitas desain, dan validitas media dan uji coba memiliki tujuan guna mendapatkan validitas, kepraktisan dan keefektifan dari E-LKPD. Berdasarkan uji validitas, E-LKPD berbasis Inkuri terbimbing dinyatakan valid dan layak untuk digunakan, karena berdasarkan hasil uji validitas materi, media, dan desain dinyatakan valid, dengan nilai content validity untuk materi pembelajaran 0,85, madia pembelajran 0,90, dan desain LKPD 1,00. Hasil uji kepraktisan E-LKPD berbasis Inkuri terbimbing dinyatakan sangat praktis dengan hasil nilai rata-rata kepraktisan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing dari sisi guru adalah 4,79 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan nilai rata-rata kepraktisan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing dari sisi peserta didik adalah 4,91 dengan kategori sangat praktis. Adapun berdasarkan keefektifan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar, dalam uji coba pada soal evaluasi diketahui bahwa nilai rata-rata siswa belajar dengan menggunakan E-LKPD berbasis Inkuri terbimbing lebih efektif karena diperoleh rata- rata sebesar 80, dengan skor tertinggi 90, dan skor terendah adalah 69. Selain itu jumlah siswa yang tuntas sebanyak 51 siswa, sedangkan jumlah siswa yang tidak tuntas sebayak 2 siswa. Hasil evaluasi berdasarkan kentuntasan klasikal diperoleh 98%, sehingga penerapan E-LKPD berbasis inkuri terbimbing sangat efektif dalam mengingkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing berkualitas dan layak untuk digunakan.
Rincian Artikel
Referensi
Adnan, & Bahri, A. (2018). Beyond effective teaching: enhancing students’ metacognitive skill through guided inquiry. Journal of Physics: Conference Series, 954(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/954/1/012022
Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429– 437. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360
Aiman, & Sunimbar. (2020). Keterampilan proses sains siswa SD dalam pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi proses menggunakan suplemen LKS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.68
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. Addison Wesley Longman, Inc. https://quincycollege.edu/wp-content/uploads/Anderson-and-Krathwohl_Revised-Blooms-Taxonomy.pdf
Anwar, M. (2017). Hypnoteaching, Menciptakan pembelajaran efektif melalui. Jurnal Ekspose, 16(2), 469–480. http://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106
Arfan, A. M, R., & Hamka. (2019). Pengaruh pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Maros. Jurnal Pendidikan Geografi Program Pascasarjana. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1300
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Pemanfaatan LKPD interaktif Berbasis liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar IPA kognitif muatan IPA peserta didik kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241–249. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5514
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. https://id.scribd.com/document/281485348/Panduan-Pengembangan-Bahan-Ajar
Dikta, P. G. A. (2022). Validitas pengembangan LKPD IPA berorientasi tri hita karana pada kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(1), 154–163. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/article/view/42134
Djamarah, S. B. (1994). Hasil Belajar Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2020). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. PT.Bumi Aksara.
Hariadi, H. (2019). Peningkatan keterampilan proses IPA dengan model inkuiri terbimbing. Basic Education, 8(15), 1–505. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15195
Harlen, W. (2000). Teaching,Learning & Assessing Science. Paul chapman Publishing. https://eric.ed.gov/?id=ED469115
Hilmar, S. S., Fakhrudin, A., & Lubis, P. H. (2023). Pengembangan e-LKPD interaktif berorientasi Model pembelajaran flipped classroom pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD negeri 67 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 797– 809. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9464
Kemendikbud. (2014). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Atas/Madrasah Aliyah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://sma.kemdikbud.go.id/data/files/Permendikbud%20Nomor%2059%20Tahun%202014%20Kurikulum%202013%2010b.%20PMP%20BIO-minat%20SMA.pdf
Kemendikbud. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. 2020. NOMOR 7L9/P/2O2O. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus
Kemendikbud. (2022). Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 025/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri pada Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap 1. https://pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/bukuelektronik/public/assets/img/flipbook/025_H_KR_2022%20Salinan%20SK%20Kabadan%20tentang%20Satuan%20Pendidikan%20Pelaksana%20Implementasi%20Kurikulum%20Merdeka.pdf
Kumala, N. F. (2016). Pembelajaran IPA. Edide Infografika. http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/691
Mispa, R., Putra, A. P., & Zaini, M. (2022). Penggunaan e-LKPD berbasis live worksheet pada konsep protista terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.478
Nisa, E. K., Koestiari, T., Habibbulloh, M., & Jatmiko, B. (2018). Effectiveness of guided inquiry learning model to improve students’ critical thinking skills at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 6(997), 1–6. 10. https://doi.org/1088/1742-6596/997/1/012049
Nurmalena, N., Darsono, D., & Suwarjo, S. (2017). Pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPS kelas VI SDN Bumi Dana Kecamatan Way Tuba. Pedagogi: PEDAGOGI: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(12), 1-10. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13328
Purnama, A., & Suparman. (2022). Studi pendahuluan: e-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131–140. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Roesminingsih, M. V., NF, I. A., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD interaktif berbasis liveworksheet untuk meningkatankan hasil belajar IPS sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8153–8162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3762
Setiawan, D. E., & Mais, A. (2017). Pengaruh tingkat kehadiran siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran siswa kelas IV tuna grahita ringan dalam kelas regular SD Inklusi di Kabupaten Jember. Journal of Special Education, 1(1), 28–33. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/speed/article/view/18
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan I. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183–190. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33
Sugiyono. (2017). Tipe Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alphabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pedidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta CV.
Trianto. (2011). Medesain Model Pembelajara Inovatif-Progresif. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=7447
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis rendahnya literasi sains peserta didik Indonesia: hasil PISA dan faktor penyebab LENSA (Lentera Sains). Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283