PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERMUATAN MATERI BENTANG ALAM PADA MATA PELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Isi Artikel Utama

N.N.D. Kristanti
N. Dantes
Sariyasa

Abstrak

Kurangnya inovasi dalam pembelajaran dan ketergantungan siswa dengan android menyebabkan rendahnya minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD. Adapun model yang digunakan adalah ADDIE. Media pembelajaran interaktif ini telah melalui beberapa tahap pengujian, meliputi uji validitas isi, uji kepraktisan dan uji efektivitas. Subjek uji coba adalah sepuluh guru sebagai praktisi dan 30 siswa sebagai pemakai. Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android bermuatan materi bentang alam pada mata pelajaran IPAS memperoleh kategori sangat valid dan praktis, dan hasil perhitungan effect size memperoleh nilai sebesar 1,040 yang berarti media pembelajaran interaktif berbasis android efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Guru dapat menggunakan media ini sebagai sarana menyampaikan materi untuk siswa guna meningkatkan minat belajarnya.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Afnan, M., Lasmawan, I. W., & Margunayasa, I. G. (2022). Media Pembelajaran IPS Berbasis Android pada Topik Globalisasi di Sekitarku Bermuatan Tri Hita Karana untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44487.

Alpian, Y., Anggreani, S. W., Wiharti, U., & Soleha N. M.. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurna Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Arisandy, D., Marzal, J., & Maison, M. (2021). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3038–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.993.

Ayuningrum, D., & Afif, N. (2016). Aplikasi Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Islamic Education 3(2), 169–184. https://doi.org/https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.216

Carolina, N., Azizah, S. N., Sholihah, L. M. N., Rosyidah, U., & Purwanti, P. (2022). Analisis Pengaruh Transisi Pembelajaran Jarak Jauh ke Pembelajaran Tatap Muka terhadap Kesehatan Mental Pelajar Pasca Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Psikologi UAD, 1(1). http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/SNFP/article/view/9598

Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. https://doi.org/10.29210/3003910000

Fahruji, A. N., Supriatna, A. R., & Kurnianti, E. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran Ipa Tentang Siklus Air Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 35. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1086

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654

Guterres, I. K. N. P., Sudarti, S., M, M., & Putra, P. D. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gejala Pemanasan Global Untuk Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 54. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7225

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Apk Builder Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Murni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–59. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Rasvani, N. L., & Wulandari, I. G. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi MaCa Materi Pecahan Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 74. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32032

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. https://doi.org/10.58230/27454312.71

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, B. H. (2020). Merdeka Belajar di Era Pendidikan 4.0. Merdeka Belajar: Kajian Literatur, 184–187. https://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33

Sugiyati. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnl Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 1(2), 228–242. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1259

Sulistyan, N. P. T., Maria Goreti Rini Kristiantari, & Nengah Arnawa. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Pada Topik Rangkaian Listrik Untuk Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 25–37. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.654

Tegeh, Jampel, P. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model addie. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 12–26. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145