KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI EFIKASI DIRI

Isi Artikel Utama

N.K.D.S. Yanthi
N.K. Suarni
I.M. Gunamantha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan analisis ANAVA dua jalur (Two Way Anova). Hasil penelitian menunjukkan kontribusi pola asuh orang tua otoriter sebesar 8,07%, pola asuh orang tua demokratis sebesar 10,15%, dan pola asuh permisif sebesar 9,13% terhadap hasil belajar IPA. Kontribusi pola asuh otoriter terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri tinggi sebesar 75,37%,  pola asuh demokratis terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri tinggi sebesar 93,39%, dan pola asuh permisif terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri tinggi sebesar 82,21%. Kontribusi pola asuh otoriter terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri rendah sebesar 60,92%, kontribusi pola asuh demokratis terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri rendah sebesar 75,71%, dan kontribusi pola asuh otoriter terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri rendah sebesar 64,62%.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arrasyid, A. K., & Mashari, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3218–3224. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2933

Aslamiyah, S., Lahmuddin, L., & Effendy, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Taman Kanak Kanak Di Kecamatan Medan Area. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(2), 143–152. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v2i2.308

Astuti, N. P. E., & Sari, N. P. A. P. (2023). Tingkat Perhatian Guru Sekolah Dasar terhadap Kebutuhan Aspek Psikologis Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 7(6), 3622–3629. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6437

Dantes, N. (2012). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Dena Laksmi, P. P. , S. N. W. , & N. W. K. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 23(1), 83–94. https://doi.org/10.23887/ mi.v23i1.16410

Firdaus, M., Sulistri, E., & Anitra, R. (2023a). Hubungan Efikasi Diri Dengan Hasil Belajar Ranah Kognitif IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 88 Singkawang. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 9(1), 103–111. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14633

Fitasari, N. P. D., Suniasih, N. W., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404–412. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313

Handayani, F., Ardianti, S. D., & Kuryanto, M. S. (2021). Korelasi Pola Asuh Otoriter Terhadap Hasil Belajar Pada Kelas V SD 4 Piji Dawe Kudus. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6074

Ilham, M., & Rizki, F. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak: Studi Kasus di Desa Talaga 2. Jurnal Sultra Elementary School, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.1234/jses.v3i1.81

Khasanah, S. P., Kom, M., Indrawan, D., Lusiana, M. P., Ni’ma, M. A., Abroto, S. P., Dewi, H. R., SP, M. P., Fitria, Z., & Marvida, T. (2022). Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Maghfiroh, E., & Arifin, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Model Teams Games Tournament (TGT) Untuk Memudahkan Pembelajaran IPA Terhadap Peserta Didik. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 213–231. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i2.1272

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.115-122

Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180

Mulyati, A. (2023). Pentingnya Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua dalam Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini. AN-NISA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 13(1), 759–768. http://dx.doi.org/10.30863/ annisa.v13i1.3980

Na’im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621

Pada, A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 375–386. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20912

Permatasari, D., & Makarim, C. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Bahrul Ulum Kota Bogor. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 194–207. https://doi.org/10.24252/i p.v9i2.16510

Putra, I. D. G. R. D. (2019). Peran Kepuasan Belajar dalam Mengukur Mutu Pembelajaran dan Hasil Belajar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.756

Sakdiah, H., & Syahrani, S. (2022). Pengembangan Standar Isi dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622–632. http://journal.iaisambas.ac.id/ index.php/cross-border/article/view/1131

Salim, M. (2021). Pola Asuh Anak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar (Vol. 1). Academia Publication.

Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(2), 105–114. https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methonomix/article/view/1079

Suarlin, S., Elpisah, E., Nurwajidah, N., & MY, N. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar.Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7(4), 631-641. http://dx.doi.org/10.29210/020211182

Suci, I. G. S., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media.

Sulistiyono, S., & Arini, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya Menggunakan Model STAD Siswa Kelas VIII SMP Sabilillah. PESTALOZZI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 20–28. https://www.jurnal.jurmat.com/index.php/pestalozzi/article/view/107

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Deepublish.

Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.24198/focus.v4i1.22831

Utami, D. (2019). Upaya Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i1.2774

Widiantari, N. L., & Suarjana, I. M. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 25(2), 232–239. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25910

Wondal, R., Taib, B., & Ahmad, K. N. H. (2021). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Orientasi Pola Asuh Anak Kelompok B TK Soraika Saramaake Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(2), 63–73. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i2.4167

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667