HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR DENGAN TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

L.D. Debyo
N.K. Suarni
I.M. Gunamantha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan kausal kecerdasan emosional dan minat belajar dengan tingkat stres akademik siswa kelas V SD. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah  214 siswa yang seluruhnya menjadi sample penelitian. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian expost facto korelasional. Data kecerdasan emosional, minat belajar dan stres akademik diperoleh melalui kuesioner dan pencatatan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier sederhana, dan regresi linear ganda. Seluruh analisis penelitian berbantuan SPSS 25. for Windows. Berdasarkan penelitian ditemukan: 1) terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat stres akademik siswa sebesar 50,6%; 2) terdapat hubungan minat belajar dengan tingkat stres akademik siswa sebesar 40,7%; 3) terdapat hubungan kecerdasan emosional dan minat belajar dengan tingkat stres akademik siswa sebesar 51,6% secara simultan. Kesimpulan, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan minat belajar dengan tingkat stres akademik siswa Kelas V SD secara terpisah dan simultan. Dengan demikian sekolah dapat menyelenggarakan pengembangan program pembelajaran emosional serta guru dan wali kelas dapat memberikan dukungan psikososial kepada siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ahmad, A. A., & Ambotang, A. S. Bin. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Persekitaran Keluarga terhadap Stres Akademik Murid Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(5), 12–23. https://doi.org/10.47405/ mjssh.v5i5.407

Aminuddin, M. (2020). Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Pemprov Kaltim Samarinda. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan, 1(1), 51–71. http://dx.doi.org/10.30872/j.kes.pasmi.kal.v1i1.3618

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi Pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172–186. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Dewi, V. R., Syamsuri, S., & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik Motivasi Ekstrinsik dan Intrinsik Siswa SMP dalam Belajar Matematika. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 116–128. http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v1i2.7145

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56953

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.51214/bocp. v2i2.44

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642

Hasja, N. F. B., Hamka, L., & Rahman, S. (2023). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Collaborative Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 667–675. https://doi.org/10.31970/pendidikan. v5i3.860

Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, D. M., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education, 6(1), 307–316. https://www.jonedu.org/index.php/joe/ article/view/2944

Mahendika, D., & Sijabat, S. G. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial, Strategi Coping, Resiliensi, dan Harga Diri terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA di Kota Sukabumi. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(02), 76–89. https://doi.org/10.58812/ jpkws.v1i02.261

Mahmudah, H., & Rusmawati, D. (2019). Hubungan Antara Kelekatan Anak-Orang Tua dengan Stres Akademik pada Siswa SD N Srondol Wetan 02 Semarang dengan Sistem Pembelajaran Full Day School. Jurnal Empati, 7(4), 1160–1169. https://doi.org/10.14710/empati.2018.23418

Muslim, M. (2020). Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201. https://doi.org/10.55886/esensi.v23i2.205

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/371

Nahla, Z., Setiawan, B., & Ulandari, T. (2024). Kurangnya Ketertarikan Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPS Di Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 2(1), 88–101. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1181

Nindyati, A. D. (2020). Kecerdasan Emosi dan Stres Akademik Mahasiswa: Peran Jenis Kelamin sebagai Moderator dalam Sebuah Studi Empirik di Universitas Paramadina. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2. 25505

Permatasari, R., Noviandari, H., & Mursidi, A. (2021). Studi Deskriptif Dampak Psikologis Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi Dalam Penyusunan Skripsi di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 127–141. https://doi.org/10.46838/jbic.v2i1.64

Pramesta, D. K., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 23–33. https://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/character/article/view/41594

Prasetyaningtyas, W. E., Rangka, I. B., Folastri, S., & Sofyan, A. (2022). Kecemasan Akademik Siswa di Sekolah: Suatu Tinjauan Singkat. Journal of Learning and Instructional Studies, 2(3), 107–114. https://doi.org/10.46637/jlis.v2i3.32

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6. 9498

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34–54. https://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Karang Mekar 4 Banjarmasin. Berajah Journal, 1(2), 72–75. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.22

Romadhoni, S. A. L., & Nugroho, A. S. (2024). Analisis Kepekaan Sosial Siswa terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 157–164. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.777

Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman Nilai-nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248–256. https://doi.org/10.32509/abdimoes topo.v6i2.3077

Sari, L. M., Pratitis, N. T., & Haryanti, A. (2022). Internal Locus of Control dan Kemampuan Manajemen waktu dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Skripsi. PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022. v1i2.21-30

Sari, P. K., Gutji, N., & Yaksa, R. A. (2023). Pengaruh Penyesuaian Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA N 10 Muaro Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9068–9081. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3218

Setiawati, O. R., Alamsyah, R. T., Sani, N., & Anggraini, M. (2022). Hubungan Stres Akademik dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2019. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), 26–33. https://doi.org/10.31004/jkt. v3i2.4121

Sujadi, E. (2021). Stres Akademik dan Motivasi Belajar Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 29–41. http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v4i1.12679

Timbuleng, N., Lengkong, J., & Dapa, A. N. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SDN Unggulan 1 Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 1080–1096. https://doi.org/10.5281/zenodo. 10338164

Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Bumi Aksara.

Utaminingtyas, E., & Hanafi, M. S. (2024). Memperkuat Jati Diri Pendidikan: Menyelai Esesnsi Budaya Organisasi Dalam Mengembangkan Karakter Empati. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4489–4500. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13009

Vastya, C., Zahro, F. A., Fauziah, M., Kurniawan, R., Wisda, T., & Ramdani, Z. (2021). Motivasi Belajar Remaja yang Mengalami Kematian Orang Tua. Journal of Psychological Perspective, 3(1), 7–15. https://doi.org/10.47679/jopp.31962021

Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 3822–3835. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3492

Yolandah, Y., & Rozali, Y. A. (2021). Pengaruh Hardiness Terhadap Stres Akademik Pembelajaran Daring Masa Pandemi Pada Siswa SMP, di DKI Jakarta. Psychommunity Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul, 1(01).