UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS MODEL PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini didasarkan pada argumen bahwa kemampuan siswa kelas II di SDN Nayu Barat II ini belum bisa dikatakan kreatif bahkan untuk menulis teks sederhana, sehingga dapat dirumuskan apakah terdapat peningkatan kemampuan kreatif anak dalam menulis setelah mengikuti pembelajaran dengan model Project-based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kreativitas menulis siswa kelas 2 SDN Nayu Barat II. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dirancang dalam 3 siklus yaitu, pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Subyek penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas 2 SDN Nayu Barat II yang berjumlah 27 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan angket untuk hasil tulisan peserta didik. Hasil yang didapat yaitu ternyata penggunaan model PjBL ini bisa meningkatkan kreativitas siswa dalam hal menulis, yang awalnya ketuntasan hanya di angka 33% meningkat menjadi 74%. Siswa-siswi yang memiliki kemampuan sedang dalam kemampuan menulisnya bisa diatasi dengan model pembelajaran bermakna seperti dengan PjBL.
Rincian Artikel
Referensi
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49–60. https://doi.org/https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550
Dewi, N. K. P., & Wiarta, I. W. (2023).Model Project Based Learning Berbantuan Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6, 288–297. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63715
Fahmi, Chamidah, D., Hasyda, S., Muhammadong, Saraswati, S., Muhsam, J., Listiyani, L. R., Rahmawati, H. K., Yanuarto, W. N., Maiza, M., Tarjo, Wijayanti, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Adab CV. Adanu Abimata.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Fatwa, N., Anzar, & Baso, B. S. (2023). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Outdoor Kelas V Sd Negeri Cendrawasih 1. Jurnal Cakrawala Indonesia, 8(2), 2686–6471. https://doi.org/https://doi.org/10.55678/jci.v8i2.922
Göçen, G. (2019). The effect of creative writing activities on elementary school students’ creative writing achievement, writing attitude and motivation*. Journal of Language and Linguistic Studies, 15(3), 1032–1044. https://doi.org/10.17263/jlls.631547
Hardiyanti, N., & Rosnaeni, R. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Pada Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1320–1325. https://doi.org/https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.694
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/2694
Jayusman, I., & Shavab, O. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. 7(1), 13–20. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Mimin Ninawati. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 68–78. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747
Ningsih, H. S., & Alpusari, M. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 122–126. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/psn.v1i1.7787
Noviana, K., Kurniawan, P. Y., & Ghufroni. (2024). Pengaruh Media Buku Pop Up terhadap Keterampilan Menulis Puisi sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. ESTUDIAR (Jurnal Penelitian Multidisiplin Mahasiswa), 1(1). https://pubmas.umus.ac.id/index.php/estudiar/article/view/536/43
Nurhayati, S., & Rochmiyati, S. (2023). Meningkatkan Kreativitas Menulis Paragraf Deskriptif Menggunakan PjBL Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Cangkringan, PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4930-4939. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11310
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Puspitasari, A. (2023). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Kemampuan Menulis Cerpen (Studi Korelasional pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 286–295. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i3.1180
Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Sri Mulyani, A., Yudiyanto, M., & Sabirin, A. (2023). Model Meaningful Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Menulis Cerita. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidiakn, 9(19), 1006–1018. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10806809
Sudiana, I. N., & Sukmayasa, I. M. H. (2021). Dampak Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Whatsapp Terhadap Kreativitas dan Keterampilan Menulis Siswa. Mimbar Ilmu, 26(3), 491. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39679
Sujiati, N., & Rasiban, L. M. (2017). Project-Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Menulis Karangan Pendek Bahasa Jepang. Barista, 4(2) , 148–156. https://journal.poltekpar-nhi.ac.id/index.php/barista/article/view/145
Syarifah, E. F., & Emiliasari, R. N. (2019). Project-Based Learning To Develop Students’ Ability and Creativity in Writing Narrative Story. Indonesian EFL Journal, 5(1), 85. https://doi.org/10.25134/ieflj.v5i1.1627
Wardiah, D. (2017). Peran Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca dan Kecerdasan Emosional Siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1236
Yusra, H. (2022). Pengaruh Penalaran Siswa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Dalam Pembelajaran PjBL. BAHTERA INDONESIA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7(2), 446–455. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/bi.v7i2.242
zikri, H., & Hafrison, M. (2016). Korelasi Keterampilanmembaca Pemahaman Dengan Keterampilanmenulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1) 1–23. http://dx.doi.org/10.24036/108267-019883