PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK

Isi Artikel Utama

P. Arianti
S. Wahyuni

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar Tematik peserta didik kelas III SDN Marga Kaya yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar tematik kelas III SDN Marga Kaya. Jenis penelitian ini adalah quasi Eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Marga Kaya.  Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel terdiri atas dua kelas A dan B berjumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian dianalisis dengan non-parametrik, yaitu Mann Whitney U. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai taraf signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen = 87,25 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 78,21. Dengan demikian  model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) ini berpengaruh terhadap hasil belajar.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alfiano, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Kelas V SD [Digital Repository Unila]. http://digilib.unila.ac.id/59697/

Azis, K. K., & Wibowo, A. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pairs Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 81–90. https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.889

Azizah, A. A. M., & Mashar, A. (2021). Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(2), 54–64. https://doi.org/10.22515/jenius.v1i2.3329

Binaria. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN 060922 Medan Sunggal [Digital Repository Universitas Quality]. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/888/

Djamaluddin, A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Cv.Kaafah Learning Center.

Hengki, W. (2021). Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Buku Ilmu Pendidikan. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Imas, K., & Berlin, S. (2015a). Ragam Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalits Guru. Kata Pena.

Imas, K., & Berlin, S. (2015b). Ragam Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalits Guru (Yogyakarta: Kata Pena, 2015. Kata Pena.

Permana, R. A., & Ikasari, D. (2023). Uji Normalitas Data Menggunakan Metode Empirical Distribution Function Dengan Memanfaatkan Matlab Dan Minitab 19. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1), 7–12. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6238

Putri, M., & Sukma, E. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar Application of Think Pair Share ( TPS ) Type Cooperative Model in Integrated Thematic Learning for Grade IV Elementary School. Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 158–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i1.10123

Rukmini, A. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 2176–2181. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57088

Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2017), 129-130. Kencana.

Sari, P. K., Hidayat, N., & Ciciria, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Melalui Model Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Srengsem Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(1), 263–274. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/pgsd/article/view/539

Sonya, S., & Nurhasanah. (2018). Energi dan Perubahannya : Tema 6 Buku Tematik Kurikulum 2013.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 88–100. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Eureka Media Aksara.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori Dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada Media Group.

Susilowati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II di SD Tarbiyatul Islam [Electronic Theses Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/11504/

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).