PENGEMBANGAN BUKU ZIG-ZAG BERORIENTASI CERITA BUDAYA BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS

Isi Artikel Utama

I.B.Y. Swadnyana
I.B.P. Arnyana
M.G.R. Kristiantari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa kelas I sekolah dasar bilingual Genta Saraswati Gianyar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah para 6 ahli validitas setiap aspek, 4 guru kelas I sekolah dasar bilingual, dan 51 siswa kelas I sekolah dasar bilingual Genta Saraswati Gianyar. Objek penelitian adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali. Analisis data dilakukan dengan metode deskripsi kualitatif, kuantitatif, dan teknik analisis statistik inferensial atau t-test. Berdasarkan hasil yang didapat, disimpulkan bahwa 1) buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali adalah buku cerita yang jika dibuka akan membentuk lipatan zig-zag dari tampak atas serta mengandung cerita budaya Bali dengan pengantar bahasa Inggris. Validitas media, materi dan bahasa pada buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali menunjukkan kategori yang sangat tinggi, 3) Buku zig-zag menunjukkan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 98%, 4) Efektivitas media menunjukkan kategori besar dengan kontribusi yang signifikan bagi kemampuan membaca bahasa Inggris Siswa. Persentase peningkatan dalam pengukuran effect size (gain score) tes yang dinjukkan adalah 88% kemampuan membaca bahasa Inggris kelas I sekolah dasar Genta Saraswati Gianyar.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Bacaan Peserta Didik SD. Jurnal Pendidikan, 1(5), 337. https://media.neliti.com/media/publications/210410-pemanfaatan-buku-cerita-bergambar-sebaga.pdf

Aprilia, N. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca Di Kelas II SD. Universitas Jambi, 53(9), 1689–1699. https://repository.unja.ac.id/4415/

Apriliani, Pawestri, S., & Radia, Hoesein, E. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 995–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Damaiyanti, R., Satrijono, H., Hutama, F. S., Ningsih, Y. F., & Alfarisi, R. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 75. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i2.24990

Erika, E., Agrina, A., Novita, S., & Komariah, M. (2021). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 252–260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225

Farendra, M. F. (2018). Pengembangan buku cerita bergambar untuk Literasi pembelajaran Sains di sekolah dasar. Skripsi, 1(2), 1–12. https://repository.unja.ac.id/4623/

Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461–467. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7817

Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Inovasi dan kreativitas diperlukan untuk memperbarui dan mengembangkan produk yang sudah ada atau yang ingin dikembangkan sesuai perubahan zaman. Tentunya dengan memperhatikan karakteristik peserta didik. Van. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/2606/1269/10632

Hariani, N. L. K., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2018). Pengembangan Cerita Bergambar Bilingual Book Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Kelas III. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20264

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Kholiq, A. (2020). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Lamongan. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 175–186. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3216

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Lindrawati, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Drill Siswa Kelas 1 SDN 04 Batipuah Baruah. Inovasi Pendidikan, 9(1), 27–39. https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3275

Listiani, E., Alviani, E., & Setiawati, R. D. (2021). Analisis Nilai-nilai Karakter dalam Buku Cerita Suku Penunggang Layang-layang sebagai Alternatif Muatan Media Pembelajaran. Prosiding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), 198–208. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2225

Munggaraning Westhisi, S. (2020). “Aku Istimewa, Aku Bisa”: Membaca Permulaan Bahasa Inggris melalui Metode Fonik bagi Anak Speech Delay. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 81–94. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-07

Mustadi, A., Wangid, M. N., Zubaidah, E., & Irvan, M. F. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Kelas Awal bagi Guru SD. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 203–208. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.330

Oktaviani, A., Syafitri, D., & Arimbi, B. (2020). Developing Storybook For Elementary School In Lubuklinggau. JELLT (Journal of English Language and Language Teaching), 4(1), 95-105. https://doi.org/10.36597/jellt.v4i1.7695

Pradini, D. B., & Gundo, A. J. (2019). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Satu Menggunakan Ren,Py. 702018706, 1–22. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/19967/2/T1_702018706_Full%20text.pdf

Ratnasari, E. M., Zubaidah, E., & Yogyakarta, U. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 267-275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Santoso, D. H. (2012). Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar. Repositori Universitas Negeri Malang. https://repository.um.ac.id/1385/

SitiZaenab, Susilo, G. (2021). Student Perception of The Utilization of WhatsApp in Biological Learning. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(14), 842–850. https://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/10361

Sukarno, (2008). Teaching English To Young Learners And Factors To Consider In Designing The Materials. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 5(1), 57-73. https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.603

Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021

Thorita, S. P. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media untuk Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1), 30–40. https://doi.org/10.22437/jptd.v5i1.13533

Tristaningrat, M. A. N., Putrayasa, I. B., & Mahartini, K. T. (2022). Buku Cerita Berbasis Budaya Lokal untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 225–232. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.43220

Umyati, R., Yuliana, R., & Rosidin, O. (2021). Developing Trilingual Smart Book Media As a Literacy Facility for Third Grade Students of Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1091. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8294

Wulandari, D. F., & Indarini, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9175