PENGEMBANGAN BUKU ZIG-ZAG BERORIENTASI CERITA BUDAYA BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa kelas I sekolah dasar bilingual Genta Saraswati Gianyar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah para 6 ahli validitas setiap aspek, 4 guru kelas I sekolah dasar bilingual, dan 51 siswa kelas I sekolah dasar bilingual Genta Saraswati Gianyar. Objek penelitian adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali. Analisis data dilakukan dengan metode deskripsi kualitatif, kuantitatif, dan teknik analisis statistik inferensial atau t-test. Berdasarkan hasil yang didapat, disimpulkan bahwa 1) buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali adalah buku cerita yang jika dibuka akan membentuk lipatan zig-zag dari tampak atas serta mengandung cerita budaya Bali dengan pengantar bahasa Inggris. Validitas media, materi dan bahasa pada buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali menunjukkan kategori yang sangat tinggi, 3) Buku zig-zag menunjukkan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 98%, 4) Efektivitas media menunjukkan kategori besar dengan kontribusi yang signifikan bagi kemampuan membaca bahasa Inggris Siswa. Persentase peningkatan dalam pengukuran effect size (gain score) tes yang dinjukkan adalah 88% kemampuan membaca bahasa Inggris kelas I sekolah dasar Genta Saraswati Gianyar.
Rincian Artikel
Referensi
Aprilia, N. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca Di Kelas II SD. Universitas Jambi, 53(9), 1689–1699. https://repository.unja.ac.id/4415/
Apriliani, Pawestri, S., & Radia, Hoesein, E. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 995–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Damaiyanti, R., Satrijono, H., Hutama, F. S., Ningsih, Y. F., & Alfarisi, R. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 75. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i2.24990
Erika, E., Agrina, A., Novita, S., & Komariah, M. (2021). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 252–260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Farendra, M. F. (2018). Pengembangan buku cerita bergambar untuk Literasi pembelajaran Sains di sekolah dasar. Skripsi, 1(2), 1–12. https://repository.unja.ac.id/4623/
Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461–467. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7817
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Inovasi dan kreativitas diperlukan untuk memperbarui dan mengembangkan produk yang sudah ada atau yang ingin dikembangkan sesuai perubahan zaman. Tentunya dengan memperhatikan karakteristik peserta didik. Van. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/2606/1269/10632
Hariani, N. L. K., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2018). Pengembangan Cerita Bergambar Bilingual Book Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Kelas III. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20264
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Kholiq, A. (2020). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Lamongan. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 175–186. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3216
Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634
Lindrawati, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Drill Siswa Kelas 1 SDN 04 Batipuah Baruah. Inovasi Pendidikan, 9(1), 27–39. https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3275
Listiani, E., Alviani, E., & Setiawati, R. D. (2021). Analisis Nilai-nilai Karakter dalam Buku Cerita Suku Penunggang Layang-layang sebagai Alternatif Muatan Media Pembelajaran. Prosiding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), 198–208. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2225
Munggaraning Westhisi, S. (2020). “Aku Istimewa, Aku Bisa”: Membaca Permulaan Bahasa Inggris melalui Metode Fonik bagi Anak Speech Delay. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 81–94. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-07
Mustadi, A., Wangid, M. N., Zubaidah, E., & Irvan, M. F. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Kelas Awal bagi Guru SD. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 203–208. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.330
Oktaviani, A., Syafitri, D., & Arimbi, B. (2020). Developing Storybook For Elementary School In Lubuklinggau. JELLT (Journal of English Language and Language Teaching), 4(1), 95-105. https://doi.org/10.36597/jellt.v4i1.7695
Pradini, D. B., & Gundo, A. J. (2019). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Satu Menggunakan Ren,Py. 702018706, 1–22. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/19967/2/T1_702018706_Full%20text.pdf
Ratnasari, E. M., Zubaidah, E., & Yogyakarta, U. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 267-275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Santoso, D. H. (2012). Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar. Repositori Universitas Negeri Malang. https://repository.um.ac.id/1385/
SitiZaenab, Susilo, G. (2021). Student Perception of The Utilization of WhatsApp in Biological Learning. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(14), 842–850. https://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/10361
Sukarno, (2008). Teaching English To Young Learners And Factors To Consider In Designing The Materials. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 5(1), 57-73. https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.603
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
Thorita, S. P. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media untuk Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1), 30–40. https://doi.org/10.22437/jptd.v5i1.13533
Tristaningrat, M. A. N., Putrayasa, I. B., & Mahartini, K. T. (2022). Buku Cerita Berbasis Budaya Lokal untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 225–232. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.43220
Umyati, R., Yuliana, R., & Rosidin, O. (2021). Developing Trilingual Smart Book Media As a Literacy Facility for Third Grade Students of Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1091. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8294
Wulandari, D. F., & Indarini, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9175