HUBUNGAN EFEKTIVITAS SUPERVISI MANAJERIAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN KEDISIPLINAN GURU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efektivitas supervisi manajerial dengan peningkatan kinerja dan kedisiplinan guru di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian ini adalah 11 orang guru di SDN 42 Bengkalis. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur efektivitas supervisi manajerial, kinerja guru, dan kedisiplinan guru. Setelah data dikumpulkan, analisis data dilakukan melalui beberapa tahap. Pertama, dilakukan analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan distribusi frekuensi, mean, median, modus, dan simpangan baku dengan bantuan SPSS. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dilakukan untuk memastikan data berdistribusi normal, dengan kriteria signifikansi lebih besar dari 0,05. Selanjutnya, uji linearitas dijalankan untuk mengetahui apakah ada hubungan linear antara variabel bebas dan terikat, dengan kriteria deviation from linearity lebih besar dari 0,05 menunjukkan hubungan linear. Terakhir, uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis korelasi sederhana dengan rumus Korelasi Product Moment untuk menghitung derajat hubungan antarvariabel, juga dibantu oleh SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efektivitas supervisi manajerial dengan kinerja guru serta kedisiplinan guru. Indikator efektivitas supervisi manajerial seperti frekuensi supervisi, kualitas umpan balik, dan keterlibatan guru dalam proses supervisi ditemukan memiliki kontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja dan kedisiplinan guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pihak manajemen sekolah meningkatkan frekuensi dan kualitas supervisi manajerial untuk mendukung kinerja dan kedisiplinan guru.
Rincian Artikel
Referensi
Alfarizi, M. A. (2023). Persepsi Masyarakat Terhadap Sistem Zonasi Di MTS. Muhammadiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng. JESD: Journal of Education Social and Development, 1(3), 179–187.
Asrowi, A. (2021). Perencanaan dan pelaksanaan supervisi pendidikan serta ugensinya. E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 2(1). https://doi.org/10.55171/jaa.v2i1.602
Calorina, G., & Hasbullah, D. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas, Motivasi Kerja, Iklim Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(1), 96–111. https://www.neliti.com/publications/300831/pengaruh-pelaksanaan-supervisi-akademik-pengawas-motivasi-kerja-iklim-kerja-dan
Darim, A. (2020). Manajemen perilaku organisasi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29
Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(1), 21–36. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/view/189
Damayanti, R., Sumantri,M.S., Dhieni (2022). Guru sebagai agen of change dalam pendidikan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960–976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1602
Dwi, A., Putri, K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. MANPER: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 202–211. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109
Efferi, A. (2018). Respon guru dalam menyikapi perubahan kurikulum (Studi kasus pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus). Quality, 5(1), 19–39. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v5i1.3164
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).
Girsang, E. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Kinerja Guru Pada Sd Negero 007 Teluk Sebong Kecamatan Teluk Sebong. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(2), 162. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i2.43122
Hanafiah, H., Berliana, B., & Margono, M. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 973–980. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.588
Hasan, M., & Anita, A. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Di MA Al Ishlah Natar Dan MA Mathlaul Anwar Cinta Mulya. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(1), 85–97. http://dx.doi.org/10.24127/att.v6i1.2144
Indriyana, D. (2023). Optimalisasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP NEGERI 18 Kota Jambi. Universitas Jambi.
Isnaini, E. (2022). Supervisi Klinis Pemanfaatan Pmm Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Kelas IV SDN Sisir 01 Kecamatan Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 398–419. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/68
Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi pendidikan. Bandung: Alfabeta, 4.
Manullang, J. (2017). Efektivitas Model Supervisi Manajerial Bagi Kepala Sekolah. 10(September).
Maskur. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
Murniati, A. R. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Oleh Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Ipa Pada Smp Negeri 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 7(1).
Muslimin, M. (2020). Program Penilaian Kinerja Guru dan Uji Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 193–200. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4384
Rahman, G. (2014). Menuju Guru Profesional dan Beretika. Yogyakarta: Grha Guru.
Selamet, M. (2007). Pengaruh Kompetensi Supervisi Manajerial Dan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru. 7, 73–86.
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sulaimah, U., Riyanto, R., & Aminin, S. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri Sekecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 39–53. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.242
Sungkar, M. S., Kadir, D., Palayukan, H., Megavitry, R., & Punggeti, R. N. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2856–2861. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14855
Suparno, S. (2021). Implementasi Pelaksanaan Supervisi Manajerial Kepala Mas Alkhairaat Ternate. JUANGA: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 69–81. https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/129
Susanto, D., Ardiansyah, Mashuri, Hasibuan, M. P. H., Pertiwi, G. R., Kurniati, D., Suriani, N., Syahrizal, H., Warahmah, M., & Saidin. (2023). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Islam (A. Syukri & Rusmini (eds.)). PT Salim Media Indonesia.
Syaripuddin, M. M. (2019). Sukses Mengajar Di Abad 21:(Keterampilan Dasar Mengajar Dan Pendekatan Pembelajaran K13). Uwais Inspirasi Indonesia.
Wardi, A. M. (2019). Proses dan teknik supervisi pendidikan. Universitas Negeri Padang.
Widyanto, N., Suharman, S., & Sudadi, S. (2023). Supervisi Pendidikan dalam Peningkatan Profesionalisme Guru SD di Kabupaten Kutai Kartanegara. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 137–148. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1456